• Redaktur: Audri Rianto

5 Monster Laut Paling Menyeramkan yang Pernah Hidup di Bumi


Pada zaman prasejarah, tepatnya sebelum kehidupan berjalan seperti saat ini, diketahui ada begitu banyak binatang-binatang mengerikan yang ada di bumi. Sebut saja dinosaurus, yang paling fenomenal dan paling sering difilmkan diklaim pernah menguasai bumi.

Dinosaurus hanyalah sekelompok kecil dari makhluk menyeramkan yang ada di bumi pada masa itu. Hal ini karena masih banyak binatang-binatang lain yang lebih seram dan yang lebih kuat dari dinosaurus. Apalagi, binatang-binatang tersebut berada di laut yang jarang terekspos.

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, ilmuwan mulai berhasil mengungkap satu per satu makhluk laut purba. Setidaknya ada 5 makhluk purba bawah laut yang dikenal sangat menyeramkan.

1. Shastasaurus

Sumber: cnnindonesia.com

Shastasaurus adalah predator laut purba yang terlihat hampir mirip dengan lumba-lumba. Shastasaurus merupakan spesies reptil laut purba terbesar yang pernah ditemukan. Tercatat, panjang dari Shastasaurus bisa mencapai 20 meter, jauh lebih panjang dari kebanyakan predator laut pada umumnya.

2. Dakosaurus

Sumber: cnnindonesia.com

Fosil dakosaurus banyak ditemukan di belahan dunia, mulai dari Inggris hingga Argentina. Makhluk ini juga sering dihubungkan dengan buaya modern, karena bentuk moncongnya yang hampir serupa. Panjang tubuh makhluk ini dapat mencapai 5 meter. Dengan giginya yang runcing dan besar membuat para ilmuwan yakin bahwa makhluk ini merupakan predator puncak pada masanya.

3. Thalassomedon

Sumber: cnnindonesia.com

Pemberian nama makhluk ini diambil dari bahasa Yunani, yang berarti “dewa laut”. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan, karena makhluk ini dikenal sebagai predator dengan panjang tubuh mencapai 12 meter serta sirip yang dapat mencapai 2 meter. Dengan sirip sepanjang itu, membuatnya dapat berenang dengan efisien dan lebih cepat dalam mengejar mangsa.

4. Tylosaurus

Sumber: cnnindonesia.com

Tylosaurus termasuk ke dalam golongan kadal laut yang bersifat predator. Makhluk ini memiliki tubuh yang panjang dan ramping dengan permukaan atas yang berwarna gelap dengan sisi bawah yang lebih terang. Makhluk ini berenang dengan gaya yang khas, yaitu mengibaskan ekornya ke kanan dan ke kiri.

Tylosaurus tercatat memiliki panjang tengkorang hingga 1,75 meter dengan rahang yang penuh dengan gigi-gigi tajamnya yang berbentuk kerucut yang memungkinkan ia dengan mudah untuk merobek tubuh mangsanya.

5. Megalodo

Sumber: cnnindonesia.com

Makhluk ini dikenal dengan predator terbasar dalam sejarah kelautan. Megalodon dipercaya memiliki bentuk seperti hiu dengan bentuk tubuh yang lebih besar dan lebih ganas. Menurut ilmuwan, panjang tubuh dari megalodon dapat mencapai 20 meter bahkan lebih. Rahangnya bisa mencapai 1 atau 2 meter dengan gigi yang runcing seperti gergaji.

Baca Juga:

#zamanprasejarah #prasejarahadalah #makhluklaut #monsterlaut

14 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon