• Redaktur: Audri Rianto

Peringati Hari Pahlawan, Prajurit Ini Tercatat ‘Pernah’ Taklukkan Selat Sunda Setelah Berenang Selam


Setiap tahunnya pada tanggal 10 November, warga Indonesia mengenalnya sebagai Hari Pahlawan Nasional. Peringatan hari pahlawan ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah lahirnya hari pahlawan ini tak terlepas dari sosok Bung Tomo pada pidatonya di Surabaya yang sukses membakar semangat para pejuang pada masa itu. Kalimat yang paling terkenal yang ia ucapkan pada pidatonya adalah “Merdeka atau Mati”.

Sosok pejuang yang pantang menyerah, saat ini tergambar dari Tentara Nasional Indonesia, yang siap siaga melindungi kesatuan dan persatuan Indonesia.

Sumber: detik.com

Salah satu prajurit TNI yang memiliki sosok tersebut adalah Kopda Marinir Budi Santosa, yang tercatat sebagai prajurit tercepat yang pernah menaklukkan selat sunda dengan berenang selama 9,5 jam.

Anggota Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 2 Marinir ini tercatat menempuh jarak sejauh 39 kilometer bersama dengan 283 peserta lainnya dalam ajang lomba renang yang diadakan oleh TNI Angkatan Laut pada Maret lalu.

Ditanya mengenai rahasia dibalik kekuatan yang dimilikinya, Budi mengaku tak memiliki rahasia khusus. Dia mengaku hanya rutin latihan renang seperti yang dilakukan oleh prajurit lainnya.

Soal makananpun, Budi mengaku tak memiliki pantangan sama sekali. Dia mengatakan makan makanan apa yang ada dengan tujuan untuk menjaga suplai energi pada tubuhnya.

Menurutnya, suntikan semangat juga sangatlah penting. Hal tersebut bersumber dari nasihat dan pesan orang tuanya yang selalu ia ingat selama latihan.

“Di manapun tempat (kamu berada) jangan sombong. Ingat semua ini ada yang punya, yaitu Allah”, ujarnya seperti dikutip dari detik.com.

Sebagai perenang tercepat dalam menaklukkan selat Sunda, Budi tidaklah sendirian. Pada posisi dua ditempati oleh Serda Ni Luh Putu yang bertugas di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya dan posisi ketiga ditempati oleh Serda Archia Febra Novera dari Keuangan Pusat II Direktorat Keuangan Angkatan Darat.

Kami dari ISW Group mengucapkan selamat Hari Pahlawan Nasional. Mari kita jaga bersama persatuan dan kesatuan Indonesia. Hargailah jasa para pahlawan, sebab bangsa yang hebat, bangsa yang kuat adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Baca Juga:

1. Fakta Dibalik Isu Ikan Lele Dapat Sebabkan Kanker

2. Belut, Hewan Berlendir yang Kaya Nutrisi

3. Mengenal Lebih Dekat Probiotik Pada Budi Daya Perairan

4. Mengenal Beberapa Jenis Ikan Gurame

#laut #haripahlawan #selatsunda

0 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon