top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Menteri Susi Pudjiastuti Tagih Janji Perdana Menteri Jepang


Dari 10 April hingga 15 April mendatang, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti melakukan lawatan kerja ke Jepang. Dalam lawatan ke negara Matahari Terbit, Menteri Susi Pudjiastuti didampingi oleh mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel yang saat ini adalah duta khusus Jepang untuk Indonesia.

Pada hari pertama lawatan ke Jepang, Menteri Susi menemui Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA), Sinichi Kitaoka. Dalam pertemuan ini, Susi Pudjiastuti tagih janji Perdana Menteri Jepang yang pernah menyatakan negaranya memprioritaskan kerja sama maritim dengan Indonesia.

Susi Pudjiastuti Jepang

Susi Pudjiastuti saat menerima kunjungan investor Jepang di Kantor KKP, Jakarta, 10 Januari 2017 dokumentasi kkp.go.id

Tanggal 15 Januari 2017 lalu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi Indonesia. PM Shinzo Abe bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor.

Dalam pertemuan antara dua kepala negara tersebut, disepakati peningkatan kerja sama pada sektor perikanan dan kelautan. Indonesia dan Jepang akan mendirikan sentra kelautan dan perikanan terpadu di pulau-pulau terdepan di Indonesia.

Selain menagih janji PM Jepang, Menteri Susi menawarkan JICA untuk membangun industri perikanan di Indonesia.

Setelah bertemu dengan Presiden JICA, Susi Pudjiastuti dijadwalkan akan menemui Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang, Yuji Yamamoto. Serta menemui Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida; dan Menteri Pertahanan Jepang, Tomomi Inada.

Susi sedang berupaya mengajak para pengusaha Jepang agar mau berinvestasi di Indonesia berupa radar canggih pendeteksi semua benda di laut. Radar canggih dipasang untuk menghindari kejadian di Raja Ampat terulang yang telah merusak terumbu karang akibat kandasnya kapal MV Caledonian Sky.

Susi Pudjiastuti juga akan menyambangi Dubes Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki, Dubes Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, serta para diaspora Indonesia di Jepang.

INFORMASI TERKAIT INVESTASI SEKTOR PERIKANAN

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

96 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page