top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Sumatera Utara Produsen Ikan Kerapu Terbesar di Indonesia


Menurut data terakhir yang dirilis oleh Badan Pangan Dunia (FAO), Indonesia mampu produksi ikan kerapu sebanyak 13.346 ton pada tahun 2016.

Sedangkan dari data terbaru yang dirilis Suhana (Peneliti Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim) diolah dari sumber data Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, jumlah produksi ikan kerapu nasional mencapai 15.645,24 ton pada tahun 2016, dengan jumlah ikan sebanyak 23,47 ekor.

Provinsi Sumatera Utara produsen ikan kerapu terbesar di Indonesia, dengan total produksi mencapai 4.858,25 ton. Kabupaten Langkat merupakan daerah pembudidaya ikan kerapu terbesar di Sumatera Utara.

ekspor ikan kerapu

ikan kerapu/ foto: iftfishing.com

Provinsi Maluku menyusul di urutan kedua produsen ikan kerapu nasional, dengan jumlah produksi mencapai 3.861,13 ton. Provinsi Kepulauan Riau menyumbang produksi ikan kerapu terbesar ketiga di Indonesia, dengan hasil produksi mencapai 2.376,22 ton.

Dari data yang dirilis oleh Suhana, total ekspor kerapu hidup Provinsi Sumatera Utara juga paling besar se-Indonesia, mencapai sekitar 1,53 juta ekor pada tahun 2016. Provinsi lain pengekspor terbesar ikan kerapu adalah Sulawesi Selatan dan Bali, dengan jumlah ekspor mencapai 850 ribu ekor.

Nilai ekspor ekspor ikan kerapu dari Indonesia mencapai USD 32,18 juta pada tahun 2016. Produksi ikan kerapu Indonesia terbanyak nomor tiga di dunia, masih kalah dengan produksi Tiongkok dan Taiwan.

Ikan kerapu dari Indonesia sebagian besar diekspor ke Hong Kong. Volume ekspor ikan kerapu dari Indonesia ke Hong Kong mencapai 2,6 juta ton.

Di Hong Kong harga jual ikan kerapu cukup tinggi. Harga ikan kerapu hidup di Hong Kong mencapai 8,5 dolar AS/kg atau sekitar 113.050 Rupiah/kg.

Tingginya harga ikan kerapu di Hong Kong disebabkan karena masyarakat di sana mempercayai apabila mengkonsumsi ikan kerapu dapat membawa banyak keberuntungan.

Usaha budidaya ikan kerapu merupakan sektor budidaya laut (marikultur) yang sangat potensial dikembangkan di Indonesia. Berkat inovasi teknologi, melalui unit pembenihan, benih-benih ikan kerapu sudah dapat dibesarkan dan dibudidayakan. Benih ikan kerapu tidak lagi tergantung pada benih alam yang ditangkap oleh para nelayan.

Saat ini sudah berhasil dikembangkan beberapa ikan kerapu hybrid di Indonesia, yaitu kerapu cantik, kerapu cantang, kerapu kustang.

Ikan kerapu hybrid adalah spesies ikan baru hasil persilangan dua jenis kerapu. Hybridisasi dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi, serta menghasilkan spesies yang tahan terhadap penyakit dan perubahan lingkungan ekstrim.

INFO TERKAIT BUDIDAYA IKAN KERAPU

jual keranjang plastik industri

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

1.266 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page