• Redaktur: Yos Mo

Langkah Strategis Cegah Kematian Massal Udang pada Musim Hujan


Musim hujan menyebabkan resiko kematian massal udang yang jadi momok menakutkan buat petambak. Curah hujan tinggi mengganggu kondisi ideal tambak udang.

Kandungan asam yang terdapat pada air hujan dapat menyebabkan kandungan aluminium pada tanah ditarik menuju ke permukaan tambak. Kandungan alumunium merupakan zat asing bagi tambak.

Selain itu, kandungan asam pada hujan membuat kadar pH tambak jadi menurun.Penurunan pH menjadikan air menjadi asam.Berbagai masalah bakal menimpa udang di tambak jika pH air menurun di bawah 6.5.

foto: Bima Apriandi

Udang bakal berenang menjauhi permukaan air tambak pada saat hujan turun lebat, dengan berenang ke dasar tambak yang memiliki suhu lebih hangat. Tapi, apabila dasar tambak teraduk saat hujan, maka kondisi di dasar tambak malah membahayakan kesehatan udang.

Untuk menghindari hal-hal yang merugikan, berikut langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mencegah kematian massal udang pada musim hujan.

  • Air hujan yang masuk ke dalam tambak segera dibuang dengan cara membuang air di permukaan tambak. Hal ini dilakukan karena massa jenis air tawar lebih rendah dibandingkan air asin, sehingga air tawar cenderung berada di permukaan air. Cara membuang air tawar di permukaan dengan membuat pipa pembuangan air yang dilubangi (lokasi lubang pada pipa berada tepat di ketinggian air tambak yang diinginkan). Atur ketinggian air tambak tetap sama seperti sebelum turun hujan.

  • Dasar kolam diperiksa untuk mengetahui apakah ada bangkai udang di dasar kolam. Apabila ditemukan bangkai udang atau ada sisa kulit udang yang sedang molting, segera lakukan penyiponan pada dasar tambak.

  • Apabila pH air tambak menurun, gunakan kapur Nutrilime untuk menstabilkan kembali pH air ditambak. Penebaran kapur terutama pada tanggul dan sekeliling tambak.

  • Stop pemberian pakan saat hujan turun. Apabila hujan sudah reda, pemberian pakan pada udang dosisnya lebih rendah 10 hingga 20 persen dari dosis yang biasa diberikan.

  • Kincir air dihidupkan untuk menjaga kadar oksigen terlarut dalam air tetap tinggi. Pada pakan udang juga dapat diberikan tambahan Vitamin C (Ascorbic Acid) untuk meningkatkan sistem imun.

BACA JUGA INFORMASI LENGKAP TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi

0821 6844 3388

#musimhujanpadatambak #budidayaudang

2781 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon