top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Peran Molasses pada Aplikasi Probiotik Perikanan


Molasses (Molase) merupakan merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu yang berbentuk berbentuk cairan kental berwarna cokelat.

Nutrisi dan kandungan sukrosa yang terkandung pada Molasses sangat bermanfaat bagi ikan. Kandungan sukrosa pada molasses cukup tinggi, berkisar antara 48 hingga 55%. Molasses juga mengandung kalsium, potasium, oksalat dan klorida.

Molasses Perikanan

Pemberian molasses dalam aplikasi probiotik pada persiapan kolam memberi berperan mempercepat tumbuhnya plankton dalam tambak. Seperti yang diketahui, plankton merupakan makanan alami ikan.

Pemberian probiotik sebagai pada tambak berguna untuk memperbaiki kualitas air yang menjadi habitat ikan. Probiotik berperan juga mencegah bakteri patogen tumbuh di dalam air tambak/kolam.

Pada saat pemberian probiotik, wajib dicampur dengan molasses sebanyak 5-10 liter. Hal ini dilakukan agar ada bahan karbon untuk pertumbuhan bakteri probiotik.

Berdasarkan hasil penelitian, pemberian molasses pada ransum dapat meningkatkan bobot badan ikan/ udang, serta membantu mempertahankan DO air dan meningkatkan Ph air. Molasses cocok digunakan pada pada aplikasi probiotik terhadap pertumbuhan ikan air tawar ikan Mas, Patin, Nila dan Lele.

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi

Telp: 0821 6844 3388

10.796 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page