top of page
Redaktur: Yos Mo

Penyelundupan Benih Lobster Senilai Miliaran Rupiah Digagalkan


Lagi-lagi penyelundupan benih lobster ke luar negeri berhasil digagalkan oleh pemerintah. Pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster asal Indonesia ke Singapura dan Vietnam sepanjang bulan Februari 2017.

Benih lobster yang coba diselundupkan sebanyak 65.699 ekor yang membuat kerugian negara hingga mencapai 7 miliar Rupiah. Benih lobster yang akan diselundupkan adalah jenis mutiara dan jenis pasir.

Benih Lobster

benih lobster/ foto dokumentasi: antaranews.com

Penyelundupan digagalkan di lima lokasi berbeda. Aparat berhasil mengamankan 9 orang pelaku. Penyelundup benih lobster yang tertangkap saat ini sedang menjalani proses penyidikan oleh Direktorat Tipidter Bareskrim Polri dan PPNS BKIPM.

Kepala BKIPM (Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan) KKP, Rina mengungkapkan bahwa modus operandi yang dilakukan oleh para penyelundup berbeda di setiap lokasi.

Kepala BKIPM didampingi Wakil Bareskrim dan Dirjen PSDKP - KKP, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (27/2). (dok.humas KKP/Regina Safri)

Pada kasus di Mataram dan Denpasar, pelaku membeli benih lobster dari nelayan lantas ditampung oleh pengepul. Kemudian benih lobster dalam kemasan plastik dimasukkan ke dalam kopor yang dibawa melalui kurir. Plastik sengaja diisi dengan media spon basah beroksigen supaya benih lobster tetap bertahan hidup hingga tempat tujuan, yakni Singapura atau Vietnam.

Sedangkan Wakil Kepala Bareskrim Antam Novambar menjelaskan bahwa benih lobster yang diselundupkan akan dijual ke Vietnam harganya 2 US Dolar. Nelayan di Vietnam bakal membesarkan benih lobster, dan pada saat panen harganya dapat mencapai 100 dollar US per kilogram. Inilah yang menyebabkan Vietnam menjadi negara penghasil lobster terbesar.

Update Berita Kementerian Kelautan dan Perikanan

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

124 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page