top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Kolam Ikan Lele yang Ideal


Ikan lele mudah dibudidayakan karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Lele dapat dipelihara dalam kepadatan tinggi. Ikan lele tidak membutuhkan banyak air di kolam, namun perlu diperhatikan bagaimana membuat kolam ikan lele yang ideal.

Apabila pembudidaya belum terlalu paham mengelola kolam dengan tepat yang berakibat bau terhadap lingkungan sekitar, Sebaiknya lokasi kolam ikan lele berada jauh dari pemukiman.

kolam ikan lelel

Kolam ikan lele yang ideal memiliki tempat masuk air (inlet) lebih tinggi dari pematang kolam dan lebih rendah dari sumber air. Sedangkan tempat keluar air (outlet) lebih rendah dari dasar kolam dan lebih tinggi dari saluran pembuangan.

Sumber air untuk kolam dapat berasal dari irigasi, sungai, solokan. Diusahakan lokasi sumber air tidak berada di daerah rawan banjir. Kualitas air wajib diperhatikan, tidak tercemar oleh logam berat maupun limbah industri.

Dipersiapkan pula konstruksi dasar kolam yang baik, serta pematang kolam yang kuat. Jenis tanah buat kolam ikan lele tidak porous.

Kolam ikan lele yang ideal berada pada ketinggian antara 10 hingga 500 meter di atas permukaan laut (dpl). Pada kisaran dpl tersebut suhu air kolam biasanya berkisar antara 25-30 derajat Celsius. Pada lahan kolam ikan lele yang terletak di atas 500 dpl, suhu air biasanya berkisar di bawah 25 derajat Celsius yang kurang ideal buat pertumbuhan lele.

INFORMASI TERKAIT BUDIDAYA IKAN LELE

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

801 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page