top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Melongok Potensi Kebintangan Bawal Bintang


Bawal bintang (Trachinotus Alochi) termasuk dalam ikan laut bernilai ekonomis tinggi yang telah bisa dibudidayakan di perairan Indonesia. Sejak tahun 2015, bawal bintang sudah menjadi komoditas unggulan perikanan budidaya air laut.

Budidaya laut (marikultur) merupakan usaha perikanan budidaya yang dipacu untuk dikembangkan oleh pemerintah Indonesia, karena potensi laut Indonesia yang cukup besar.

Bawal Bintang

foto dokumentasi: gatoko.com

Beberapa komoditas budidaya laut Indonesia sudah mampu bersaing dalam pasar internasional, semisal kerapu dan rumput laut. Di masa mendatang diharapkan ikan bawal bintang dapat menjadi komoditas ekspor andalan budidaya laut Indonesia.

Mari kita melongok seberapa besar potensi kebintangan ikan bawal bintang dalam usaha budidaya laut :

  • Bawal bintang termasuk ikan laut yang mudah dibudidaya dan toleran terhadap kondisi alam yang berubah-ubah. Bawal bintang juga tahan terhadap serangan penyakit yang umum terjadi dalam marikultur. Walau begitu, pembudidaya diharapkan tetap waspada terhadap ancaman serangan penyakit, khususnya ketika terjadi perbedaan yang fluktuaktif pada temperatur air laut.

  • Cukup tinggi tingkat kehidupan (Survival Rate/SR) ikan bawal bintang yang dibudidayakan. Survival Rate mencapai 90 persen.Ikan bawal bintang masuk kategori komoditas perikanan yang tidak bersifat predator, sehingga ikan ini tidak akan melakukan kanibalisme kepada sesama dalam proses pemeliharaan.

  • Pemberian pakan mudah. IKan bawal bintang bisa diberi pakan pellet. Apabila tersedia ikan rucah, maka bisa dijadikan sebagai pakan tambahan.

  • Padat tebar cukup tinggi dalam proses pembudidayaan ikan cukup tinggi, sehingga menguntungkan pembudidaya karena hasil panen yang didapatkan jadi lebih banyak. Ikan bawal bintang dapat dipelihara sejumlah 150 – 200 ekor dalam petak keramba berukuran 3x3x3 meter.

  • Waktu pemeliharaan relatif cepat. Dari benih berukuran 8 inchi yang ditebar, setelah pemeliharaan selama 6-7 bulan ikan bawal bintang dapat dipanen pada ukuran 350 kg-500 kg/ per ekor.

  • Harga jual tinggi. Harga bawal bintang mencapai kisaran 60 ribu hingga 100 ribu rupiah/kg di pasar lokal. Bahkan harganya dapat mencapai 200 ribu rupiah/kg untuk komoditas ekspor.

  • Sangat terbuka luas potensi pasar bawal bintang. Pangsa pasar utama bawal bintang di mancanegara terdapat di negara-negara kawasan Asia Timur yang penduduknya menggemari ikan ini, seperti Jepang, China, Hongkong dan Taiwan.

INFORMASI LENGKAP TERKAIT BUDIDAYA LAUT

jual obat ikan laut budidaya

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

406 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page