top of page
Redaktur: Yos Mo

Ratusan Miliar Rupiah Sumber Daya Ikan Indonesia Diselamatkan KKP


Sumber daya ikan Indonesia senilai 306,8 miliar rupiah berhasil diselamatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sepanjang tahun 2016. Dr. Ir. Rina, M.Si selaku Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) mengungkapkan, angka penyelematan sumber daya ikan Indonesia meningkat dari tahun 2015 yang hanya 37,2 miliar rupiah.

BKIPM telah menyelamatkan sumber daya ikan yang terdiri dari produk hasil perikanan seperti kuda laut, penyu dan sirip hiu. Juga penyelamatan benih lobster, rajungan/kepiting/lobster bertelur, kepiting dan lobster berukuran kurang dari 200 gram, mutiara, koral.

Sumber Daya Ikan Indonesia

penangkapan ikan di laut/ foto: infomaritim.com

Terdapat 17 kasus penanganan pelanggaran dan penegakkan hukum di bidang kelautan dan perikanan telah mendapat putusan pengadilan. 2 kasus sampai pada P19, 14 kasus dalam proses penyidikan dan 119 kasus telah dilakukan pengumpulan bahan dan pelepasliaran.

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihasilkan BKIPM mencapai 51,75 miliar rupiah, melebihi dari target Rp 13,04 miliar. Kenaikan PNBP karena ada peningkatan pemeriksaan terhadap hasil perikanan senilai 14,02 miliar, serta sudah berjalannya integrasi sistem sertifikasi mutu dan karantina ikan.

BKIPM juga berhasil menekan angka kasus penolakan ekspor perikanan per negara mitra, hanya 7 kasus terjadi sepanjang 2016. Kasus penolakan paling banyak berhubungan dengan negara Rusia, ada 4 kasus karena mengandung logam berat.

Indonesia menempati ranking 21 dalam penolakan ekspor hasil perikanan pada saat ini. Semakin sedikit kasus penolakan ekspor berujung turunnya ranking.

Saat ini Indonesia merupakan negara Asia terdepan dalam keamanan ekspor hasil perikanan. Ekspor perikanan budidaya Indonesia telah menembus pasar Eropa. Indonesia sudah melakukan 86.582 kali ekspor hasil perikanan selama tahun 2016.

KKP melalui BKIPM berupaya terus melakukan peningkatan pengawasan di wilayah perbatasan, terutama mencegah penyelundupan. Kualitas ekspor produk perikanan akan terus ditingkatkan dengan evaluasi dan inspeksi dengan lembaga dalam maupun luar negeri, agar keberadaan produk perikanan Indonesia dapat terus diakui oleh dunia internasional.

Update Berita Kementerian Kelautan dan Perikanan

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

158 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page