• Redaktur: Yos Mo

Pemanfaatan Teknologi Sistem Informasi Nelayan Pintar


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang berusaha mengembangkan Sistem Informasi Nelayan Pintar (SINP) sebagai salah agenda prioritas pembangunan nasional NAWACITA, demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sistem Informasi Nelayan Pintar merupakan aplikasi berbasis android dengan mengintegrasikan informasi harga ikan, PPDPI (Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan), cuaca, dan dinamika laut.

Sistem Informasi Nelayan Pintar/ ilustrasi: p3sdlp.litbang.kkp.go.id

Diperlukan perangkat smartphone android untuk bisa mengakses informasi Nelayan Pintar, agar memudahkan nelayan dalam perencanaan melaut. Dua contoh aplikasinya adalah mFish dan SI Kenelayanan. Konten berupa teks, gambar atau suara dan segala bentuk grafis.

Sentuhan teknologi modern kepada nelayan dalam mengakses informasi-informasi dibutuhkan untuk menunjang aktivitas penangkapan dan operasional kapal. Dalam pola tradisional, informasi sebelum melaut diperoleh nelayan dari pemilik kapal, pelabuhan perikanan, atau informasi dari nelayan lain melalui komunikasi radio.

Keuntungan lebih menggunakan aplikasi Nelayan Pintar adalah

  • nelayan dapat mengetahui cepat daerah penangkapan ikan yang bersumber dari PPDPI.

  • bagaimana kondisi cuaca perairan.

  • berapa ketinggian gelombang perairan dan arah angin yang di-update setiap hari oleh BMKG.

  • daftar pelabuhan.

  • berapa harga rerata ikan terkini di masing-masing pelabuhan yang bersumber dari DJPT.

  • berapa perkiraan konsumsi bahan bakar yang dapat membantu nelayan memperkirakan kebutuhan bahan bakar jika ingin pergi ke suatu lokasi penangkapan ikan.

  • bantuan terkait pencarian.

  • dapat mengajukan keluhan.

Kendala Penggunaan Sistem Informasi Nelayan Pintar

Penerapan pengunaan aplikasi Nelayan Pintar masih menemui beberapa kendala. Sistem ini masih awam dipakai oleh nelayan lokal yang kelas bawah. Tidak semua nelayan memiliki android, serta tidak semua mengerti mengoperasikannya walau memiliki smartphone.

Lagipula sistem ini kurang dibutuhkan nelayan lokal lantaran jangkauan lokasi penangkapan ikan berada di dekat rumah. Sistem Nelayan Pintar bisa maksimal pelaksanaannya baik bagi nelayan modern yang memiliki kapal diatas 10 GT.

Agar aplikasi android dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh nelayan, pihak KKP, Kominfo serta provider giat melakukan sosialisasi yang intensif di berbagai pelabuhan perikanan. Telah dilakukan sosialisasi Sistem Informasi Nelayan Pintar di puluhan pelabuhan perikanan seluruh Indonesia yang tersebar dari Aceh sampai Papua.

Setiap kegiatan sosialisasi, nelayan diperkenalkan cara mengoperasikan aplikasi android dan membaca simbol-simbol yang ada. Kegiatan sosialisasi diisi pula diskusi tanya jawab dengan nelayan maupun petugas pelabuhan, untuk memperoleh masukan buat pengembangan aplikasi nelayan pintar pada masa mendatang.

BACA JUGA INFO TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

#anggaranuntuknelayan #nelayanikan #nelayanIndonesia

1110 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon