top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Spesies Ikan Mackerel Baru Ditemukan di India

Spesies ikan mackerel baru ditemukan di India Selatan. Spesies ikan mackerel yang diberi nama India Chub Mackerel baru ini diharapkan menjadi sumber daya potensial bagi masyarakat khususnya nelayan di kawasan tersebut. Sehingga membantu meningkatkan industri perikanan. Seperti dikutip dari The Fish Site, Selasa (18/10/2016), Pusat Penelitian Kelautan dan Perikanan India telah mengidentifikasi spesies baru mackerel di perairan Kerala, 600 km dari garis pantai Laut Arab.

Fisik ikan mackerel ini berbintik hitam, bulatannya lebih banyak dibandingkan mackerel biasa serta memiliki daging yang lembut. Tim peneliti yang dipimpin oleh EM Abdussamad ini menyebutkan dalam Jurnal Perikanan India bahwa spesies baru ini benar-benar berbeda dari ikan mackerel umumnya, baik dari sisi taksonomi maupun genetika.

Berdasarkan spesimen yang telah ditemukan para ilmuwan di Kochi yang merupakan kota pelabuhan utama di India, ikan mackerel tersebut memiliki 29-32 alat penyapu pada ekstremitas insang pertama, terdapat lubang antara hypohyal dan ceratohyal serta bentuk tulang posterior yang sangat melengkung di bagian basal.

Ikan mackerel. Foto: .gregjamesfishing.com.au

Direktur Pusat Penelitian Kelautan dan Perikanan India, A Goplakrishnan mengatakan spesies baru ini pastinya akan menambah kekayaan ekosistem laut. Ia memaparkan Indian Chub Mackerel tertangkap sebanyak 10 ton pada tahun 2015 lalu, dan kini telah berkembang sebanyak 25 ton. Adapun ikan India Chub Mackerel yang berhasil ditangkap rata-rata memiliki panjang 9 cm-15 cm. Dengan kata lain, ikan tersebut belum sepenuhnya tumbuh. Gopalakrishnan menyebutkan induk ikan tersebut mayoritas sudah matang sehingga banyak ikan yang dihasilkan adalah usia muda. Diperhitungkan bahwa ikan mackerel melahirkan pada bulan April dan Mei.

Sebelumnya, ikan mackerel telah mengubah habitat mereka di sepanjang semenanjung India. Yang biasanya ditemukan di pantai barat daya, kini pindah ke pantai barat utara. Tampaknya ikan mackerel tersebut menuju ke Gujarat. (*)