top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Mayoritas Pelabuhan Pangkalan Ikan di Kalimantan Timur Kondisinya Memprihatinkan


Mayoritas kondisi pelabuhan pangkalan ikan di Kalimantan Timur (Kaltim) benar-benar memprihatinkan. Meski lokasi dan arealnya tetap, namun para pembeli ikan bertambah. Total ada 12 pelabuhan pangkalan ikan yang ada di Kalimantan Timur, namun delapan saja yang beroperasi. Satu di antaranya adalah pelabuhan pangkalan pendaratan ikan Selili yang berlokasi di Samarinda. Di Selili setiap hari dilakukan proses bongkar muat ikan sebanyak 40 ton.

Dua puluh persen atau delapan ton ikan dari hasil bongkar muat itu dijual ke kawasan Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Kutai Kartanegara (Tenggarong). Sedangkan yang beredar di Samarinda adalah 32 ton, itupun masih kurang. Nur Sigit, selaku Kepala Dinas Kelautan, bahwa pelabuhan pangkalan ikan Selili kapasitasnya harus segera ditingkatkan sehingga bisa lebih leluasa melakukan transaksi jual beli ikan antara nelayan dan pembeli. Evaluasi sarana dan prasarana di pelabuhan ikan pada setiap kabupaten/kota, ujar Nur Sigit, harus segera dilakukan karena kondisinya tidak memungkinkan lagi.

Nelayan menjual ikannya di pangkalan perikanan, Kalimantan Timur. Foto: skyscrapercity.com

Dikutip dari Bisnis Indonesia, Selasa (20/9/2016), Nur Sigit menekankan, langkah evaluasi pertama yang dilakukan terhadap pangkalan pendaratan ikan Selili adalah menaikkan kelasnya. Sekarang statusnya adalah kelas D. “Sudah bisa ditingkatkan untuk naik menjadi kelas C sehingga namanya berubah dari pangkalan menjadi pelabuhan perikanan pantai,” ujar Nur Sigit.

Hasil tinjauan langsung di lapangan, luas pelabuhan pangkalan pendaratan ikan Selili hanya 1,2 hektar. Luas tersebut sebagai pelabuhan pangkalan ikan berada di bawah standar. “Agar pelabuhan pangkalan ikan Selili naik kelas dari D menjadi kelas C, sepenuhnya adalah kewenangan Kota Samarinda. Jika ditingkatkan, harus memenuhi standar luas 4 hektar. Jadi, kalau luas lahannya belum berubah, ya belum bisa naik kelas," kata Nur. (*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602 Up. Cherrie Gisela

171 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page