top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Perum Perindo Kirim Kapal Pengangkut Ikan untuk Maksimalkan Tangkapan di Merauke


Satu kapal pengangkut ikan ukuran 132 gros ton (GT) diberangkatkan menuju Merauke, Papua. Kapal ini ditujukan untuk memaksimalkan hasil tangkapan ikan nelayan di kawasan tersebut. Memiliki nama Kapal Motor (KM) Setia Utama, kapal tersebut diberangkan oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dari Pelabuhan Perikanan (PPN) Pekalongan.

Menurut pihak Perindo, berdasarkan hasil observasi, Merauke selama ini didominasi oleh kapal ikan asing sebab daerah tersebut merupakan daerah dengan potensi perikanan tangkap serba melimpah. Ya, sebelumnya, nelayan di Merauke adalah plasma dari kapal-kapal asing maupun eks asing yang selama ini tidak diperbolehkan beroperasi pasca diberlakukannya moratorium.

KM Setia Utama nantinya tak sendiri beroperasi di Merauke. Ada juga KM Perindo Jaya berukuran 195 GT, juga dari PPN Pekalongan. Disusul oleh KM Mina Anugrah 8 yang kini dalam proses pengurusan izin.

Agung Pamujo selaku Sekretaris Perusahaan Perum Perindo menyebutkan pihaknya akan terus menambah kuantitas armada kapal perikanan. Tak lain untuk memaksimalkan hasil tangkapan nelayan di Merauke. Sejak tahun lalu ada puluhan unit kapal yang telah diproyeksikan untuk menampung tangkapan nelayan.

Sebelumnya berdasarkan data perkiraan yang dirilis oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, potensi sumber daya ikan di wilayah pengelolaan perikanan Laut Arafuru-Laut Timor (WPP 718) adalah 2 juta ton. Dari total tersebut, yang diperbolehkan ditangkap 1,6 juta ton. Jadi, wajar bila kawasan tersebut merupakan sumber fishing ground nelayan Merauke. Sayangnya, selama ini kesulitan yang dihadapi para nelayan adalah sulit memasarkan hasil tangkapan.

“Oleh karena itu diperlukan peranan perusahaan BUMN untuk menyerap hasil tangkapan,” ujar Agung seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, “ Sabtu (17/9/2016). Selama ini, perusahaan perikanan BUMN yang tela beroperasi di Merauke dan Wanam adalah Perusahaan kapal KM Fajar Makmur dan KM Samudera Dua. Beroperasi mulai Agustus 2015. (*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602 Up. Cherrie Gisela

151 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page