• Redaktur: Maulina Siregar

TurboPro Jet Aerator dan Manfaatnya untuk Pengolahan Limbah


Oksigen di dalam air tidak hanya dikonsumsi oleh ikan, mikroorganisme seperti fitoplankton, zooplankton dan bakteri juga membutuhkannya. Sementara itu produksi oksigen tergantung pada beberapa kondisi seperti ketersediaan cahaya, respirasi, suhu air dan kadar oksigen terlarut. Untuk memastikan ketersediaan oksigen tetap optimal di dalam air, dibutuhkan bantuan aerator.

Dibandingkan jenis aerator lainnya, TurboPro Jet Aerator memiliki kemampuan untuk mentransfer oksigen dalam volume tinggi melalui energi kinetik dalam air dan udara yang berasal dari rangkaian nozel jet. Air bergerak dalam kecepatan tinggi dan dengan bantuan jet primer bercampur dengan udara.

Pencampuran yang intens antara air dan udara ditambah turbulensi tinggi gas yang bergerak keluar dari jet perlahan naik ke atas permukaan kolam. Ya, TurboPro Jet Aerator memastikan kadar oksigen terlarut mulai dari dasar hingga lapisan permukaan benar-benar optimum.

Mengaplikasikan prinsip hidrodinamik, TurboPro Jet Aerator menghasilkan gelembung-gelembung oksigen yang besar, mulai dari dasar hingga hingga permukaan. Oksigen yang terus diperbaharui membuat hewan air di dalam tambak dapat melakukan transfer oksigen secara maksimal baik untuk pernapasan dan kebutuhan enzim.

Penggunaan TurboPro Jet Aerator pada pengolahan industri limbah.

Pada pengolahan limbah, TurboPro Jet Aerator beroperasi di bawah permukaan limbah. Motor benam yang kokoh yang dilekatkan dengan baling-baling menghasilkan sirkulasi udara dalam air namun hemat energi. Air diambil dari atmosfer permukaan, dipecah menjadi gelembung-gelembung kecil yang banyak. Kecepatan putar TurboPro Jet Aerator yang tinggi sekaligus menciptakan vakum di belakang baling-baling.

Gelembung-gelembung udara yang dihasilkan TurboPro Jet Aerator lebih lama tinggal di bawah air sehingga menjamin perpindahan oksigen yang cukup tinggi.

Dengan menciptakan sirkulasi lebih besar dan kebutuhan oksigen yang optimal, TurboPro Jet Aerator menawarkan kondisi ideal untuk proses nitrifikasi dan mewujudkan kadar biological oxygen demand (BOD) yang standar. Proses nitrifikasi diperlukan karena keberadaan amonia yang ada pada air limbah akan mempengaruhi konsentrasi Dissolved Oxygen (DO). Kondisi ikan bersifat racun terhadap ikan. Selain itu, nitrogen yang ada harus dikurangi agar tidak terjadi eutrofikasi atau ledakan ganggang pada air.

Sedangkan BOD menggambarkan kadar kebutuhan oksigen terlarut yang dibutuhkan mikro organisme yang ada dalam air untuk menguraikan bahan organik yang ada di dalamnya. Pengukuran BOD biasanya dilakukan pada temperatur 20 derajat Celcius (biasanya 5 hari).

Adapun petunjuk penggunaan TurboPro Jet Aerator adalah sebagai berikut:

• Cocok untuk kolam yang dalam lebih dari 2 meter karena memiliki kecepatan transfer oksigen yang baik di bawah permukaan air.

• Dalam kepadatan kolam yang tinggi, dapat juga diterapkan dengan kincir air tambak (paddle wheel aerator)

• Cocok untuk tambak yang berbeda kedalamannya karena jet aerator fleksibel dapat disesuaikan sudutnya

• Memiliki bahan plastik industri berkualitas baik dan dikombinasikan dengan material stainless steel, sehingga memiliki daya tahan terhadap asam, alkali dan korosi air laut

• Bentuknya yang simpel memudahkan perawatan dan perakitan.

Informasi Terkait Jet Aerator, Silakan Klik Link Berikut :

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

#turbojetaerator #limbahindustri #nitrifikasi #oksigenterlarut #pengolahanlimbah

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon