top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Perum Perikanan Segera Bangun Pabrik Es dan Galangan Kapal di PPS Belawan


Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) No.7/2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan, maka Perum Perikanan Indonesia (Perindo) segera menata Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Belawan. Penataan tersebut dimulai dengan inventarisasi lahan PPS Belawan yang masih kosong. Selanjutnya, lahan tersebut ditawarkan kepada pengusaha, meliputi unit cold storage, pengolahan ikan maupun bidang industri perikanan lainnya.

Peningkatan infrastruktur di PPS Belawan juga menjadi fokus Perum Perikanan Indonesia. Infrastruktur yang segera dibangun adalah pabrik es dan galangan kapal. Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan kualitas sarana dan prasarana juga menjadi perhatian. Dimulai dengan langkah menerapkan tarif baru khusus untuk sewa lahan dan ruang di PPS Belawan.

Nelayan menjemur ikan di Belawan Bahari. Fotomedanbisnisdaily.com

General Manager Perum Perikanan Indonesia Cabang Belawan Dicky Hertanto, seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Rabu (31/8/2016) memaparkan sebenarnya pemberlakuan tarif baru ini mulai diterapkan pada Maret 2016. Begitu pula dengan sosialisasi kepada para pengusaha di PPS Samudera. "Tarif baru tersebut tetap sesuai ketentuan dari pemerintah. Yakni berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), senilai 2 persen dari tarif NJOP di Belawan. Atau Rp 35.000 per meter persegi," Dicky menjelaskan.

Ia menegaskan tarif ini masih jauh lebih rendah dibandingkan sewa lahan di kawasan industri lain yang ada di sekitar Belawan. "Tarif rata-rata sewa lahan di Belawan ini di atas Rp 100.000 per meter persegi. Sekalipun dibandingkan dengan tarif kos masih mahal,"ujarnya. Ia mencontohkan, harga kos kamar ukuran 3 x 3 meter persegi, umumnya tarifnya ada adalah Rp 500.000 per bulan atau dalam setahun senilai Rp 6.000.000. Nilai tersebut, kata Dicky, setara dengan tarif lahan sekitar Rp 660.000 per meter persegi.

Dicky yakin penerapan tarif baru tersebut menjadi faktor pendorong bagi pihaknya untuk semakin meningkatkan sarana dan prasarana. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk membangun dan mengembangkan bisnis di kawasan PPS Belawan.

Sejak diterapkan per Maret 2016, banyak pengusaha yang mengapresiasi, bahkan sudah ada yang memutuskan untuk membuat kontrak panjang. Namun, di sisi lain, Dicky juga memaklumi jika pemberlakuan tarif tersebutmasih mengundang pro dan kontra. (*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602 Up. Cherrie Gisela

183 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page