• Redaktur : Maulina Siregar

Menteri Susi Undang Vietnam untuk Berinvestasi di SKPT Natuna


Target pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu (SKPT) Natuna yang seharusnya selesai 2017, oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dipercepat agar selesai tahun ini. Keberadaan SKPT Natuna menurut Menteri Susi termasuk dalam salah satu prioritas program KKP sehingga penyelesainnya digenjot.

Ia memaparkan bahwa sejak dua tahun lalu KKP telah memfokuskan pembangunan 15 pulau terluar dan kawasan perbatasan sebagai SKPT. Dari ke-15 lokasi tersebut, 10 di antaranya ditargetkan harus selesai tahun ini. Termasuk SKPT Natuna.

Susi menegaskan bahwa Natuna tak hanya memiliki potensi perikanan namun juga layak menjadi poros maritim dunia. Dengan demikian, Natuna secara khusus dan Indonesia secara khusus akan semakin dihormati negara lain. Namun, untuk mendukung hal tersebut perlu diwujudkan pembangunan yang konsisten.

Lanjut Susi, KKP ingin menjadikan Natuna sebagai sentra kelautan dan perikanan yang serba lengkap, meliputi fasilitas integrated cold storage, pasar ikan, dan sarana prasana lainnya yang terintegrasi. Pihak KKP juga sudah mengundang Vietnam agar berinvestasi di Natuna.

Aktivitas nelayan di Natuna. Foto: blogspot.co.id

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, KKP melalui Ditjen Penguatan Daya Saing Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) segera mengirimkan dokumen yang berisi tentang peraturan dan kebijakan investasi perikanan di Indonesia via Kedubes Vietnam di Jakarta. Selain itu, Ditjen PDSPKP juga akan segera mengirimkan undangan forum bisnis kepada pemerintah Vietnam. Bussiness forum tersebut dijadwalkan terselenggara setiap bulan di Kantor KKP.

Selain membahas potensi investasi perikanan, pertemuan tersebut juga menghasilkan sebuah rekomendasi agar Satgas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115) dapat mengkaji opsi pemulangan anak buah kapal (ABK) Vietnam menggunakan Kapal Patroli PSDKP di perbatasan RI-Vietnam. Yang selanjutnya akan dipindahkan ke kapal patroli Vietnam. (*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 6083 0602 Up. Cherrie Gisela

#SKPTNatuna #MenteriKelautandanPerikanan #porosmaitim #investorVietnam #coldstorage #pasarikan

0 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon