top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Investor Rusia Kembangkan Sektor Perikanan RI dengan Bangun Cold Storage di Sepuluh Pulau Terluar


Potensi sektor perikanan dan kelautan negeri ini memang begitu besar. Apa yang dimiliki Indonesia sekarang masih menyisakan ruang yang begitu besar untuk dikembangkan. Peluang emas investasi bidang perikanan terbuka untuk sektor global maupun lokal. Oleh sebab itu pemerintah berupaya mewujudkan iklim perekonomian yang baik sehingga bisa menjasi investor domestik dan lokal di sektor perikanan. Insentif dan beragam kemudahan diberikan pemerintah, terutama yang berorientasi pada ekspor dan penyerapan tenaga kerja.

Langkah ini mendapat reaksi positif dari investor Rusia. Seperti yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bahwa investor Rusia tertarik membangun sejumlah tempat penyimpanan dan pendingin raksasa di beberapa wilayah Indonesia untuk mendukung industri perikanan nasional."Mereka akan membangun ‘cold storage’ di sepuluh pulau terluar di Indonesia," ujar Susi seperti dimua di Tempo.co, Senin (7/8/2016)

Tempat pelelangan ikan. Foto :Berita Daerah

Menurut Susi, investor Rusia tersebut juga akan menjalin kerjasama dengan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perindo) . Kerjasama antara investor dan Perindo diproyeksikan berlangsung selama satu tahun. Kerjasama akan fokus pada sektor pengolahan. Setahun terakhir, angka realisasi investasi sektor perikanan secara keseluruhan memang mengalami peningkatan. Yang sebelumnya berada di angka Rp 3,22 triliun pada 2014, meningka menjadi Rp 4,43 triliun rupiah pada 2015.

Susi menuturkan,selain investor laur negeri, tak sedikit pengusaha dalam negeri di sektor perikanan yang mengungkapkan rencana penambahan kapasitas pabriknya agar kapasitas ekspor mereka bertambah. "Kondisi ini memperlihatkan kalau ternyata masyarakat menyadari bidang perikanan menarik untuk investasi, terutama setelah setelah kami berperang melawan illegal fishing," Susi menambahkan.(*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 6083 0602 Up. Cherrie Gisela

120 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page