• Redaktur : Riki Suharda

Serangan Kutu Laut


Apa itu Kutu Laut?

Kutu laut adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan banyak spesies Copepoda Ektoparasit dari genus Lepeophtheirus dan Caligus.

Kebanyakan spesies kutu laut dispesifikasi berdasarkan makhluk inangnya. Contohnya adalah L. salmonis yang menunjukkan kecenderungan tinggi untuk salmonid, termasuk spesies salmonid yang banyak dibudidayakan yaitu salmon Atlantik (Salmo salar). Lepeophtheirus salmonis dapat menjadi parasit dari beberapa spesies salmonid pada tingkat yang bervariasi, termasuk spesies Ikan trout coklat (trout laut: Salmo trutta), char Arktik (Salvelinus alpinus), dan seluruh spesies salmon Pasifik. Untuk Salmon Pasifik, coho, chum, dan salmon merah jambu (O. kisutch, O. keta, dan O. gorbuscha) memiliki jaringan yang kuat melindunginya dari L. salmonis sehingga dapat terjadi penolakan dari tubuh ikan pada minggu pertama infeksi.

L. salmonis memilih inang yang spesifik, seperti salmon Atlantik (Salmo salar L.), dan umumnya ditemukan di belahan bumi utara, yang kurang berhubungan dengan pembudidaya di Asia Tenggara. Sementara itu, C. elongatus merupakan kutu yang menyerang ikan inang dalam jangkauan yang lebih luas, tidak seperti L. salmonis.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa membudidaya di perairan asin akan bertemu dengan penyakit kutu.

Kedua spesies tersebut umum ditemukan pada salmon di alam bebas. Mereka biasanya ditemukan dalam jumlah rendah, namun L. salmonis dapat mempengaruhi ikan salmon Atlantik dan ikan laut (Salmo trutta L.) jika hadir dalam jumlah besar.

Diagnosis

Kutu laut berkembang dengan baik di perairan laut suhu hangat dan tidak toleran terhadap kondisi dingin. Mereka langsung mati setelah terkena air tawar.

Kutu salmon memakan lendir, kulit, darah inang dan ketika hadir dalam jumlah yang besar menyebabkan kerusakan serius pada kulit, yang dapat mengakibatkan kematian pada inang. Pada stadium tinggi efeknya sangat terlihat pada ikan. Guna identifikasi yang lebih akurat dari kutu laut dapat diketahui dengan pemeriksaan parasit di bawah mikroskop.

Sulit untuk mencegah serangan kutu laut karena parasit ini berada dimana-mana di lingkungan laut. Namun, kontrol dimungkinkan melalui penggunaan obat hewan ternak berlisensi dan vaksin yang dapat digunakan saat pembersihan atau melalui pakan.

Semoga Bermanfaat!

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo Telp: 0812 6065 5496

#budidayaikanairasin #tambakikan #penyakitikan #kutulaut

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon