top of page
  • Redaktur : Riki Suharda

Penyakit Menular Furunkulosis


Salah satu penyakit pada ikan yang cukup berbahaya dan dapat menular adalah Furunkulosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas salmonicida yang biasanya menyerang salmon, namun demikian beberapa spesies ikan lainnya dapat terpengaruh dan mengakibatkan kerugian ekonomi di dalam budidaya ikan air tawar.

Bakteri Aeromonas salmonicida umumnya menyerang ikan air tawar dan menjadi masalah yang serius pada ikan air laut khususnya pada budidaya ikan salmon Atlantik. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling signifikan dampaknya secara komersial, sebab bakteri ini juga menjadi patogen pada ikan non salmonid seperti ikan mas, koi, patin, dan lele.

Wabah biasanya terjadi pada wilayah perairan dengan suhu di atas 10°C, namun wabah dapat meyerang ikan yang sangat muda dan pada suhu rendah 2-4°C. Penyakit dapat dipicu oleh faktor Endogen (mis: masa pemijahan) dan Eksogen (fluktuasi suhu misalnya, kualitas air yang buruk) dan stres.

Penularan penyakit melalui kolom air, tetapi juga melalui kotak langsung antar sesama ikan dan hewan perantara seperti burung dan kutu laut.

Selain salmon penyakit furunkulosis dapat menyerang jenis ikan lainnya.

Penularannya pun sama menyerang semua ikan di daerah yang terjangkit wabah.

Furunkulosis menyebabkan kematian tinggi pada ikan, kematian datang hitungan hari setelah gejala muncul.

Gejala-gejala yang biasanya terjadi adalah ikan berenang lesu, berenang di dasar permukaan, kehilangan nafsu makan, gangguan pernapasan atau melompat dari air.

Gejala klinis

  • Bisul yang terjadi di kulit atau otot, terjadi pembengkakan

  • Perdarahan pada basis kulit, mulut dan sirip

  • Warna tubuh menjadi gelap dan insang pucat

  • Terjadinya Eksopthalmia

  • Perdarahan di otot dan organ internal

  • Pembesaran limpa dan nekrosis fokal dari hati

  • Perut penuh dengan lendir, darah dan sel-sel epitel terkelupas

  • Usus padat

Pengobatan dan Pencegahan

Penyakit ini dapat dikendalikan dengan menggunakan obat antibiotik atau vaksinasi.

Iodine dapat digunakan untuk dekontaminasi telur yang dibuahi agar tidak terjadi penularan secara vertikal (antara induk yang terinfeksi kepada keturunannya).

Semoga Bermanfaat!

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

1.015 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page