• Redaktur: Yos Mo

Cara Antisipasi Bakteri Vibrio Penyebab Penyakit Udang


Berlimpahnya bakteri Vibrio dalam tambak dapat menjadi penyebab penyakit pada udang. Bakteri vibrio keluarkan senyawa beracun jika berkumpul membentuk koloni yang cukup padat. Saat berkoloni, plankton ini akan menyala-nyala di permukaan air seperti kunang-kunang.

Senyawa beracun yang dikeluarkan koloni bakteri Vibrio berbahaya bagi udang. Serangan racun bakteri Vibrio memang tidak secara langsung membunuh udang secara massal. Racun dari Vibrio akan melemahkan udang, membuat udang tidak nafsu makan.

.foto dokumentasi bioaqua.vn

Jika dosis racun Vibrio melonjak tinggi, kematian massal udang akan terjadi. Kondisi yang lemah membuat udang rentan terhadap serangan virus penyebab penyakit White Spot.

Apabila udang terjangkit penyakit karena serangan bakteri Vibrio dan virus White Spot, bakal sangat susah untuk diobati. Karena itu lebih baik mencegah berkembangnya sumber penyakit yang dapat membahayakan kesehatan udang.

Jika serangan Vibrio terjadi di bak hatchery, dapat diantisipasi dengan penggunaan obat-obatan.Cara mencegah bakteri Vibrio berlimpah di dalam tambak, diatur agar kandungan bahan organik dalam tambak ditekan seminimal mungkin. Caranya dengan membuang air yang mengandung lumpur organik dari dasar tambak. Air dari dasar tambak harus diganti setiap hari dengan cara pipa pembuangan dibuka seluruhnya.

Cara lainnya mengantisipasi serangan bakteri Vibrio adalah dengan menggunakan bakteri probiotik yang berfungsi memecah bahan organik jadi senyawa kimia yang lebih sederhana sehingga bisa diuraikan lagi secara alami. Kepadatan Vibrio dapat ditekan.

BACA JUGA

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

#penyakitudang #penyakitudangwindu #penyakitvibrio

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon