top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Selain Udang, Artemia Juga Baik Untuk Larva Lele


Bagi pembudidaya ikan lele, pakan alami seperti cacing sutra atau kutu air memang tergolong sulit untuk ditemukan. Padahal, pakan alami mengandung nutrisi yang baik bagi ikan serta memiliki harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan pakan kemasan.

Terutama pada saat proses pembesaran larva, ikan membutuhkan pakan bernutrisi dengan ukuran yang kecil yang sesuai dengan besar mulut larva ikan. Nah, untuk menggantikan pakan alami yang susah didapat, Anda bisa menggunakan artemia.

Sumber: mongabay.co.id

Biasanya, artemia banyak digunakan oleh para pembudidaya udang sebagai pakan larva udang pada proses hatchery atau pembenihan. Artemia merupakan binatang sejenis udang primitif dengan ukuran yang sangat kecil dan hampir seukuran plankton, sehingga sangat mudah untuk ditelan oleh larva udang maupun ikan karena sesuai dengan ukuran mulutnya.

Artemia sangat mudah di pasaran, sehingga pembudidaya tidak lagi merasa kesulitan dalam menemukan pakan yang sesuai untuk larva lele. Untuk pengaplikasiannya, pembudidaya terlebih dahulu harus menetaskan artemia yang kemudian dilakukan pembudidayaan agar populasinya menjadi bertambah.

Baca Juga:

542 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Perbedaan Fitoplankton dan Zooplankton pada Tambak Udang

Dalam budidaya udang kehadiran plankton pada tambak bukanlah sesuatu yang asing. Plankton termasuk ke dalam komponen kualitas air yang harus dijaga keberadaannya. Pada tambak, ada banyak jenis plankto

bottom of page