top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Cara Menggunakan TDS Meter pada Tambak


TDS Meter merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui kadar kemurnian air. Tingkat kemurnian air sendiri sangat memegang peran penting dalam usaha budidaya. Air yang terlalu keruh mengakibatkan penurunan kemampuan air dalam mengikat oksigen, sehingga komoditi akan kesulitan untuk bernapas.

Sumber: sugianto.id

Kekeruhan air dipengaruhi oleh adanya partikel-partikel organik dan anorganik yang terlarut dalam air. Menurut rekomendasi yang berlaku, kadar TDS yang baik untuk air tambak adalah 300-600 ppm, artinya tingkat kekeruhannya masih dalam batas wajar dan kekeruhan hanya berasal dari populasi plankton yang stabil.

Sayangnya, masih banyak petambak yang belum memahami cara menggunakan alat ini, sehingga masih banyak yang berpikir bahwa alat ini tidak dibutuhkan pada tambak. Berikut ini kami ulaskan mengenai tata cara menggunakan TDS Meter dengan benar.

  • Pertama, buka tutup bawah dari TDS meter. Untuk diketahui bahwa batas aman untuk mencelupkan TDS Meter ialah tidak melebihi garis tutup TDS Meter.

  • Kedua, hidupkan TDS Meter dengan menekan tombol ON/OFF hingga monitor menunjukkan angka 0000.

  • Ketiga, celupkan TDS Meter pada perairan yang ingin dilakukan pengecekan kadar TDS-nya. Ingat agar mencelupkan TDS Meter hanya sampai pada batas aman, seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama.

  • Keempat, baca nilai petunjuk yang ada pada monitor.Tekan tombol Hold saat akan mengangkat TDS Meter dari dalam air agar angka yang telah ditunjukkan di monitor tidak hilang atau berubah menjadi 0000.

Baca Juga:

2.164 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page