top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Pengertian BOD dan COD pada Limbah Pabrik


Limbah merupakan zat sisa dari proses pengolahan beberapa bahan baku dalam sebuah industri. Limbah umumnya berbentuk cairan yang telah tercampur oleh zat padat lainnya yang dapat mencemari lingkungan.

Sumber: republika.co.id

Sifatnya yang beracun membuatnya tidak bisa sembarangan untuk dibuang ke lingkungan bebas. Untuk itu, setiap industri diharuskan untuk melakukan pengolahan limbah sebelum limbah tersebut dibuang atau dialirkan ke sungai.

Ada dua parameter untuk mengetahui apakah limbah tersebut masih beracun atau sudah aman untuk dialirkan ke sungai. Dua parameter yang dimaksud adalah BOD (Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand).

BOD (Biological Oxygen Demand)

BOD merupakan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri untuk mengurai zat sisa yang ada pada limbah industri. Semakin tinggi kadarnya, maka hal itu menandakan bahwa bakteri membutuhkan oksigen yang banyak.

Jika kadar BOD pada limbah masih tinggi, namun tetap dilakukan pengaliran ke sungai, maka hal ini akan membuat biota air mati karena asupan oksigen pada sungai akan diserap sepenuhnya oleh bakteri-bakteri yang ada untuk melarutkan bahan-bahan organik.

COD (Chemical Oxygen Demand)

COD merupakan jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi zat-zat organik yang ada pada limbah, seperti amonia dan nitrit. Semakin tinggi kadarnya, maka menandakan bahwa zat-zat tersebut masih dalam jumlah yang tak wajar dan berbahaya apabila langsung diedarkan ke lingkungan bebas.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

15.073 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page