top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Tingkatkan Aerasi pada Kolam Untuk Mencegah Timbulnya Amonia


Dalam proses budidaya ikan, ada kalanya lingkungan kolam budidaya mengalami gangguan. Adanya gangguan ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan yang paling utama dari faktor-faktor tersebut adalah kelalaian dari pembudidaya itu sendiri.

Masih banyak pembudidaya yang tidak memerhatikan kondisi kolam ikan budidayanya. Kebanyakan hanya ingin mendapatkan keuntungan, tanpa menghiraukan kondisi lingkungan yang ada.

Sumber: boosterfish.com

Padahal, kolam budidaya yang tidak diperhatikan dan tidak dirawat sangat berpotensi menimbulkan kerugian. Kolam yang tidak terawat akan mengalami pengendapan bahan organik.

Endapan bahan organik yang terlalu banyak pada dasar kolam selanjutnya akan mengalami penguraian oleh bakteri secara anaerob. Keadaan tersebut akhirnya akan merangsang pembentukan amonia pada kolam.

Amonia merupakan gas beracun yang memiliki bau khas. Keberadaannya dapat langsung diketahui dari bau yang ditimbulkannya. Kadar amonia yang terlalu tinggi pada kolam dapat menyebabkan kematian massal apabila tidak ditangani dengan baik.

Untuk itu, sebelum amonia timbul pada kolam, sebaiknya pembudidaya melakukan tindakan pencegahan, yakni dengan memecah endapan bahan organik yang ada. Pemecahan bahan organik ini dapat dilakukan dengan meningkatkan aerasi pada kolam.

Penggunaan Aerator

Meningkatkan aerasi pada kolam budidaya memerlukan bantuan aerator. Untuk itu, pembudidaya haruslah memilih aerator yang sesuai dengan kolam yang dimiliki. Pastikan bahwa aerator memiliki daya tahan tinggi, karena aerator nantinya akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, atau lebih tepatnya selama proses budidaya berlangsung.

Selain itu, pastikan juga bahwa aerator memiliki daya perputaran air yang tinggi, sehingga aerasi dapat berjalan lebih maksimal serta kadar amonia dapat berkurang dengan cepat.

Resun LP 60 merupakan produk aerator yang sangat pas digunakan pada kolam budidaya ikan. aerator ini memiliki karet diafragma dan katun yang tahan terhadap benturan, sehingga usia pakai akan lebih lama dibandingkan dengan aerator lain.

Resun LP 60 juga dilengkapi dengan kemampuan Air Flow yang tinggi, yakni 70 L/menit yang memungkinkan perputaran air menjadi lebih cepat, serta aliran oksigen pada air menjadi lebih maksimal. Kemampuan ini dapat menurunkan amonia dengan cepat, sehingga ikan terhindar dari keracunan.

Baca Juga:

118 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page