top of page
Redaktur: Audri Rianto

Alasan Sebaiknya Gunakan Geomembrane pada Kolam Bioflok


Budidaya ikan dengan sistem bioflok saat ini sedang ramai digalakkan oleh para pembudidaya. Hal ini karena kolam bioflok dinilai lebih produktif dalam meningkatkan hasil panen.

Selain itu, kebutuhan pakan ikan juga menjadi lebih kecil dibandingkan dengan budidaya di kolam konvensial, hal ini karena kolam bioflok mampu menghasilkan pakan alami untuk ikan yang bersumber dari limbah organik yang dihasilkan oleh ikan itu sendiri.

Pada umumnya, kolam bioflok dibuat dengan menggunakan terpal biru. Alasannya adalah karena terpal dinilai lebih ekonomis, sehingga biaya produksi dapat ditekan menjadi lebih kecil.

Hal tersebut memang cukup benar, namun dari segi ketahanan, terpal dinilai kurang memiliki daya tahan yang tinggi. Sehingga, pada jangka waktu tertentu terpal tersebut akan lapuk sehingga perlu dilakukan pergantian.

Tidak hanya sampai disitu, terpal juga tidak terlalu mampu menampung ikan dalam jumlah banyak, maka budidaya ikan menggunakan kolam terpal harus disesuaikan kepadatan tebarnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terpal memang cukup ekonomis, namun memiliki daya tahan yang kurang baik, sehingga akan membutuhkan pergantian yang lebih sering.

Untuk itu, solusi dari permasalahan tersebut adalah mengganti terpal dengan geomembrane.

Geomembrane pada Kolam Bioflok

Sumber: rasfishfarm.com

Geomembrane merupakan produk plastik yang terbuat dari HDPE (High Density Polyethylene) yang memiliki daya tahan tinggi terhadap rendaman air dan paparan matahari langsung.

Penggunaan geomembrane sebagai lapisan kolam bioflok sangat dianjurkan karena selain daya tahannya yang, yakni mampu bertahan selama 10 tahun pemakaian, geomembrane juga dapat dibentuk dengan mudah mengikuti rangka kolam.

Ketahanannya yang luar biasa membuat pembudidaya tidak perlu repot untuk menggantinya setelah panen, tidak seperti kolam terpal yang harus dilakukan peremajaan selama beberapa bulan sekali. Hal ini juga membuat pembudidaya menjadi lebih hemat.

Dapatkan geomembrane HDPE kualitas terbaik hanya di ISW Group. Selain itu, kami juga menyediakan alat bantu lainnya, seperti amonia test kit, nitrit dan nitrat test kit, serta pH meter yang sangat dibutuhkan untuk memantau kondisi lingkungan kolam bioflok Anda.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

554 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page