• Redaktur: Audri Rianto

4 Tahap dalam Proses Pergantian Cangkang Udang


Udang merupakan spesies paling banyak dibudidayakan saat ini, terutama pada daerah pesisir pantai. Bahkan, Indonesia sendiri telah mengekspor udangnya hingga ke beberapa negara di belahan dunia.

Para pembudidaya udang tentu sudah sangat familiar dengan proses molting. Proses molting ini merupakan keadaan dimana udang mengalami pergantian cangkang atau kulit. Semua udang budidaya akan mengalami molting seiring dengan pertumbuhannya.

Sumber: rajapetshop.com

Jika dipikir-pikir, proses molting ini terdengar sederhana. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa molting ini hanya perkara ganti kulit pada udang saja. Hal tersebut ternyata salah, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh udang sebelum akhirnya proses molting berjalan dengan baik. Berikut ini 4 tahapan yang dilalui udang pada saat mengalami proses pergantian kulit atau molting.

1. Postmolt

Postmolt merupakan tahapan yang terjadi setelah proses pelepasan eksoskeleton lama atau yang disebut dengan proses eksuvasi. Pada tahap ini, udang akan mengalami pengembangan eksoskeleton yang disebabkan oleh meningkatnya volume hemolymp (darah) akibat dari terserapnya air ke dalam tubuh udang.

Setelah eksoskeleton lama terlepas, dalam beberapa jam atau hari akan tumbuh eksoskeleton baru hingga akhirnya mengeras seperti eksoskeleton lama.

2. Intermolt

Pada tahap ini, eksoskeleton akan semakin mengeras yang disebabkan oleh mineral dan protein yang menyatu.

3. Early Premolt

Tahap selanjutnya adalah terbentuknya epicuticle baru yang ada di bawah lapisan endocuticle pada udang. Tahapan premolt ini dimulai dengan meningkatnya konsentrasi hormon molting yang ada pada darah udang. Siklus molting selanjutnya dikendalikan oleh hormon tersebut yang dihasilkan oleh kelenjar molting di dalam ruang anterior branchium atau disebut dengan Y-Organ.

4. Late Premolt

Ini merupakan tahapan terakhir dari proses molting pada udang. Pada tahapan ini akan terbentuk lapisan exocuticle baru di bawah lapisan epicuticle yang sebelumnya telah terbentuk pada tahap Early Premolt, yang selanjutnya diikuti dengan memisahnya antara cangkang lama dan cangkang baru.

Baca Juga:

#moltingpadaudang #prosesmoltingpadaudang

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon