• Redaktur: Audri Rianto

Aplikasi Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik pada Budidaya Udang


Udang merupakan komoditi budidaya yang sangat diminati. Hal ini karena harga jual udang cukup mahal, serta permintaannya juga cenderung stabil di pasaran. Namun, tanpa adanya teknik budidaya udang yang baik, usaha budidaya udang tidak akan menghasilkan keuntungan.

Sumber: pertanianku.com

Manajemen pakan serta pemberian vitamin menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha tambak udang. Untuk itu, sebelum memulai usaha tambak udang sebaiknya anda terlebih dahulu memahami teknik pengaplikasian probiotik, prebiotik dan sinbiotik.

Pengertian Probiotik, Prebiotik dan Sinbiotik

Probiotik merupakan organisme yang bersifat menguntungkan bagi udang dan lingkungan tambak. Ariake 3 termasuk probiotik yang memiliki kemampuan dalam mengontrol mikroorganisme patogen pada tambak, sehingga udang tidak mudah mengalami infeksi penyakit.

Prebiotik merupakan mikroorganisme yang berfungsi sebagai makanan untuk probiotik, dan sebagai penunjang probiotik untuk terus dapat bekerja dalam mengendalikan mikroorganisme jahat pada tambak.

Pemberian keduanya pada tambak inilah yang disebut dengan Sinbiotik. Kombinasi antara keduanya di dalam tambak dipercaya dapat meningkatkan produksi benih udang, sehingga panen yang dihasilkan akan lebih maksimal.

Manfaat Pengaplikasian

Aplikasi probiotik, prebiotik dan sinbiotik pada tambak diketahui dapat meningkatkan daya cerna benih udang, sehingga nutrisi yang diserap lebih optimal. Kemudian, efek baik dari penyerapan nutrisi yang optimal tersebut dapat meningkatkan respon imun udang, serta mempercepat pertumbuhannya.

Baca Juga:

#pemberianprobiotikpadaudang #manfaatprobiotikpadaudang

589 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua