• Redaktur: Audri Rianto

Penyakit Kutil pada Ikan Cupang


Ikan hias di Indonesia sangatlah beragam jenisnya. Namun yang cukup diminati dan memiliki harga yang relatif terjangkau adalah ikan cupang.

Walaupun dikenal memiliki bentuk tubuh yang kecil, ikan cupang juga memiliki kemampuan memikat perhatian banyak orang melalui warna dari sirip-siripnya yang indah. Semakin lebar dan semakin cerah warna siripnya, maka harga ikan cupang tersebut juga akan semakin mahal.

Sumber: majalahikan.com

Ikan cupang juga cukup mudah untuk dipelihara, namun tetap saja anda harus memerhatikan kondisi lingkungan hidupnya. Hal ini karena kualitas air yang buruk dapat menyebabkan penyakit bagi ikan cupang.

Ada banyak jenis penyakit yang menyerang ikan cupang, namun menurut ahli ada salah satu penyakit yang sulit untuk diobati, yaitu penyakit kutil.

Kutil yang menyerang ikan cupang berbeda dengan kutil biasa. Penyakit kutil ini dapat membuat nafsu makan ikan cupang menurun drastis, bahkan dapat mengakibatkan ikan tidak mau makan hingga akhirnya mati.

Selayaknya kutil manusia, kutil pada ikan cupang juga memiliki bentuk yang sama. Gejalanya adalah muncul benjolan-benjolan kecil pada tubuh dan kepala ikan. benjolan-benjolan ini memiliki potensi untuk membuat luka pada ikan.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan infeksi bakteri ini adalah dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh pada akuarium. Selanjutnya, larutkan elbayou pada wadah terpisah, dengan dosis 5 gram per 100 liter air. Kemudian, masukkan dan karantina ikan yang terinfeksi ke dalam wadah yang berisi larutan elbayou tadi. Tunggu hingga 3 hari dan lihat perkembangannya.

Baca Juga:

#mengobatikutilpadaikancupang

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon