• Redaktur: Audri Rianto

Beberapa Jenis Pakan Bervitamin Untuk Udang yang Ada di Pasaran


Dalam melakukan usaha budi daya udang, salah satu faktor terpenting yang harus dipenuhi adalah pemilihan pakan.

Pakan yang baik adalah pakan yang mampu menghasilkan nutrisi pada udang yang dibudidayakan, sehingga udang akan mengalami pertumbuhan yang baik hingga akhirnya dapat dipanen lebih cepat.

Saat ini, informasi mengenai pakan yang baik untuk udang masih terbilang sangat minim. Akhirnya, masih banyak pembudidaya hanya mengandalkan coba-coba dalam memilih pakan yang cocok untuk udang yang dibudidayakannya.

Maka dari itu, demi mempermudah anda dalam memilih pakan bernutrisi untuk udang, kami akan memberikan daftar beberapa jenis pakan udang yang bervitamin yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan.

1. Artemia

Sumber: isw.co.id

Artemia adalah pakan udang yang digunakan pada saat udang masih dalam tahap Hatchery atau pembibitan. Pada dasarnya, artemia memiliki bentuk berupa telur mikroorganisme yang harus ditetaskan terlebih dahulu sebelum akhirnya diberikan sebagai pakan untuk benur udang.

Kandungan nutrisi artemia juga tergolong cukup baik untuk mendukung pertumbuhan benur udang yang lebih baik. Selain sebagai pakan benur udang, artemia juga berguna untuk memakan bakteri pengganggu yang ada pada tambak, sehingga udang akan selama dari ancaman bakteri merugikan.

Ada beberapa jenis artemia terbaik yang dapat anda temukan dengan mudah di pasaran, di antaranya adalah Artemia Mackay Hijau, Artemia Supreme Plus Golden West, Artemia Inve Premium, dan Artemia Mackay.

2. P. Monodon

Sumber: isw.co.id

Sama seperti Artemia, P. Monodon juga didesain sebagai pakan pada proses pembibitan udang (Hatchery). Untuk mempercepat pembesaran benur tentu diperlukan formulasi pakan yang mengandung nutrisi berimbang. Salah satu pilihan pakan yang dapat diberikan adalah P.Monodon.

Konsep dasar dari P.Monodon adalah campuran pakan (mixfeed), sehingga nutrisi yang terkandung juga lebih lengkap. Tekstur dari P.Monodon juga lebih halus, sehingga sangat baik bagi pencernaan benur udang dalam menyerap nutrisi.

3. Ascorbic Acid

Sumber: isw.co.id

Ascorbic Acid merupakan jenis suplemen pakan yang mengandung vitamin C. Fungsi spesifik dari Ascorbic Acid adalah untuk menjaga sistem tubuh udang sehingga udang tidak gampang terserang penyakit.

Secara fisik, Ascorbic Acid memiliki bentuk mengkristal, berwarna putih serta tidak memiliki bau, dan mudah larut dalam air. Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya campurkan Ascorbic Acid pada pakan agar vitamin C yang ada tercampur sepenuhnya pada pakan.

4. Spirulina

Sumber: isw.co.id

Spirulina diketahui mengandung nutrisi yang cukup lengkap, di antaranya adalah protein serta vitamin A1, B1, B2, B6, B12, C dan E. Penggunaan spirulina sebagai campuran pakan udang tentu akan membuat pertumbuhan udang lebih baik.

Selain udang, spirulina juga dapat diaplikasikan pada ikan, termasuk ikan ornamen guna mempercerah warnanya sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan meningkatkan harga jual.

Baca Juga:

#pakanudangbernutrisi

0 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon