top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

3 Tanda Ikan Lele Sudah Mulai Kenyang


Pada budi daya lele, bagian yang paling menarik adalah saat memberikan pakan. Ikan lele yang bergerombol dengan lahapnya akan saling berebut pakan yang dilemparkan ke dalam kolam.

Dari pemandangan tersebut terlihat bahwa ikan lele termasuk ikan dengan nafsu makan yang tinggi. Walaupun demikian, sebagai peternak anda harus dapat memahami manajemen pakan yang baik. Pasalnya, walau terlihat rakus ikan lele tetap dapat merasakan kenyang.

Sumber: agrotaninusantara.com

Untuk itu, anda harus mengetahui tanda-tanda ikan lele yang sudah kenyang, agar dapat segera menghentikan proses pemberian pakan sehingga tidak ada pakan yang terbuang percuma.

Karena pemberian pakan yang berlebih akan menimbulkan endapan pakan di dasar kolam. Endapan sisa pakan tersebut berpotensi meningkatkan kadar gas amonia pada kolam yang dikenal dapat meracuni ikan.

Berikut ini ciri-ciri ikan lele yang sudah kenyang:

1. Riakan Air Perebutan Pakan Berkurang

Ikan lele yang sedang nafsu makan akan menimbulkan riakan air saat proses pemberian pakan. Semakin besar riakan air yang ditimbulkan, maka dapat dipastikan semakin lapar ikan lele. Jika riakan air mulai berkurang, hal ini menandakan ikan sudah mulai kenyang. Anda masih dapat memberikan pakan dengan konsentrasi yang dikurangi dan ditujukan kepada ikan yang masih terlihat berkumpul saja.

2. Ikan Mulai Meninggalkan Area Perebutan Pakan

Tanda selanjutnya adalah hampir 50 persen ikan mulai berpindah dari perkumpulan tempat berebutnya pakan. Dengan begitu, anda harus mengurangi sedikit lagi konsentrasi pakan yang diberikan.

3. Pakan Terapung Tidak Segera Dimakan

Jika sudah terlihat ada beberapa sisa pakan yang mengapung dipermukaan dan tidak segera dilahap oleh ikan, maka dapat dipastikan ikan sudah kenyang. Apalagi sisa pakan yang terapung tidak segera dimakan lebih dari 3 menit, maka sebaiknya anda segera menghentikan proses pemberian pakan.

Baca Juga:

5.880 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page