top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Langkah Penebaran Benur Udang yang Baik dan Benar


Untuk memulai membudidayakan udang, anda akan melewati beberapa proses yang mutlak harus dilaksanakan. Karena jika salah satu proses tidak dilakukan dengan baik, maka pertumbuhan udang akan terganggu dan meningkatkan risiko kerugian.

Salah satu tahap yang paling penting untuk dilakukan, ialah tahap penebaran benur. Dengan melakukan penebaran benur yang baik, maka anda sudah menurunkan tingkat kematian udang sehingga potensi panen akan menjadi lebih besar.

Sumber: kalimantan.bisnis.com

Dalam proses penebaran benur, anda harus memerhatikan suhu lingkungan sekitar benur, tepatnya saat berada di dalam plastik. Keberhasilan penebaran dipengaruhi oleh penyesuaian suhu antara plastik benur dengan tambak.

Umumnya, suhu pada plastik benur termasuk rendah. Maka, sebaiknya anda melakukan penebaran pada dini hari menjelang subuh, karena pada saat itu suhu tambak masih dalam kondisi rendah. Berikut ini caranya

  • Pertama, apungkan plastik yang berisini benur ke permukaan tambak dan tunggu 15-30 menit. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar suhu plastik dan air tambak saling beradaptasi.

  • Kedua, kemudian buka ikan plastik dan biarkan plastik dalam keadaan terbuka selama 15 sampai 30 menit agar udara dalam plastik beradaptasi dengan udara luar.

  • Ketiga, sirami plastik perlahan dengan air tambak untuk membantu adaptasi salinitas.

Dengan melakukan ketiga cara di atas, maka kemungkinan besar benur akan dapat tumbuh dengan optimal setelah dilakukan penyebaran. Semoga bermanfaat

Baca Juga:

5.079 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page