• Redaktur: Audri Rianto

4 Negara Penghasil Udang Terbaik di Dunia


Udang termasuk komoditi perikanan yang paling banyak peminatnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, udang dari Indonesia juga diekspor ke beberapa negara demi memenuhi permintaan tersebut.

Namun, produksi udang dari Indonesia tentu tidak bisa sepenuhnya memenuhi permintaan pasar internasional. Untuk itu, diperlukan kontribusi dari negara lain demi memenuhi permintaan pasar dunia tersebut.

Sumber: joctoco.com

Berikut ini, beberapa negara selain Indonesia yang tercatat sebagai negara penghasil udang terbaik di dunia.

1. Thailand

Negara ini terkenal sebagai raja akuakultur secara global. Tercatat hampir 40 tahun Thailand memimpin dalam hal ekspor produk perikanan termasuk udang. Bahkan, setiap tahunnya negara ini menciptakan inovasi-inovasi baru dalam proses pembudidayaan udang sehingga produksinya meningkat setiap tahun.

Pemerintah Thailand juga memfasilitasi warganya yang melakukan usaha tambak udang dengan memberikan dana dalam pembangunan teknologi tambak secara berkelanjutan, sehingga tak heran jika produksi udang mereka tidak pernah menurun.

Menurut survei laporan konsumsi, tercatat bahwa udang yang berasal dari Thailand adalah udang yang memiliki tingkat bakteri paling rendah, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

2. Ekuador

Posisi kedua diduduki oleh Ekuador. Negara ini dikenal sangat baik dalam menggunakan metode budi daya udang secara ekstensif. Manajemen yang baik, membuat produksi udang negara ini tidak pernah terputus. Bahkan, udang berkualitas dari Ekuador menjadi produk prioritas di Cina.

3. Indonesia

Produksi udang di Indonesia bisa dikatakan dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia. Hal ini karena di Indonesia terdapat banyak pantai yang memungkinkan untuk dilakukannya usaha budi daya udang.

Indonesia sendiri dikenal memiliki dua metode tambak udang, yaitu intensif dan semi intensif. Walaupun pada tambak intensif memiliki teknologi yang lebih maju, namun kedua metode ini saling berkontribusi terhadap produksi udang Indonesia secara keseluruhan.

4. Madagaskar

Madagaskar dikenal sebagai negara penghasil udang harimau hitam terbaik di dunia, namun produksinya masih dalam kapasitas yang terbatas. Bahkan, udang dari Madagaskar juga sudah disertifikasi oleh Prancis's Label Rouge, sebagai salah satu produk makanan laut terbaik. Dari beberapa ribu ton udang yang diproduksi negara ini per tahunnya, hampir semuanya diekspor ke Eropa dan Asia.

Baca Juga:

#udang #eksporudang #negarapenghasiludang #udangindonesia

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon