• Redaktur: Audri Rianto

11 Jenis Ikan Kerapu Termahal di Indonesia


Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan yang mendiami laut dangkal, lut dalam bahkan muara sungai. Ikan kerapu tergolong ke dalam ikan predator karena memilikki gigi yang tajam serta rongga mulut yang lebar.

Ikan kerapu juga termasuk ikan yang digemari oleh masyarakat, karena dagingnya yang empuk dan enak. Kandungan gizi ikan kerapu juga sangat baik bagi kesehatan. Maka tak heran jika ikan kerapu memiliki harga yang mahal.

Sumber: sportdiver.com

Ciri Umum Ikan Kerapu

Ikan kerapu memiliki bentuk tubuh yang rendah, moncong panjang agak pipih, maxillary yang lebar pada bagian luar mata serta bintik di bagian kepala. Badan dan sirip ikan kerapu berwarna putih cokelat.

Tidak semua jenis ikan kerapu memiliki ciri yang sama, walaupun kebanyakan terlihat hampir mirip.

1. Kerapu Kerang

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu kerang sering disebut dengan giant grouper. Nama tersebut diberikan karena ukuran dari ikan kerapu jenis ini yang di atas rata-rata. Karakteristik dari ikan ini adalah tubuh berwarna kuning serta terdapat bulatan hitam pada setiap siripnya.

2. Kerapu Macan

Sumber: sportdiver.com

Ciri khas dari ikan kerapu jenis ini adalah sisinya yang mengkilap serta warna tubuh yang mirip seperti macan tutul. Corak dari ikan kerapu ini juga mirip seperti terumbu karang, sehingga mudah baginya untuk melakukan kamuflase dengan tujuan untuk menangkap mangsa.

[Baca Juga: Mengenal Beberapa Jenis Ikan Gurame]

3. Kerapu Tikus

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu tikus memiliki nama lokal sesuai negaranya, seperti di Australia, ikan ini diberi nama Barramundi Cod, di Jepang namanya Sarasa-hata dan di Philipina, Lau-lapu senorita.

Ciri ikan kerapu ini adalah permukaan tubuhnya berwarna putih keabuan serta bagian kepala menyerupai tikus. Ikan ini termasuk ikan kerapu yang paling banyak di budi dayakan oleh nelayan karena ikan kerapu ini memiliki harga yang lumayan mahal.

4. Kerapu Batik

Sumber: sportdiver.com

Ciri ikan kerapu ini ialah warna tubuh dan siripnya kecoklatan pucat. Warnanya yang unik membuat ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ikan kerapu batik dikenal memerlukan waktu perawatan hingga pemanenan selama 8 bulan.

5. Kerapu Kertang

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu ini hidup di terumbu karang hingga kedalaman 125 meter dari permukaan air serta dapat bertahan hidup di ekosistem muara. Ikan ini juga banyak ditemukan di perairan Indonesia.

[Baca Juga: 6 Langkah Praktis Budidaya Udang Galah]

6. Kerapu Catang

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu jenis ini merupakan hasil persilangan dari ikan kerapu macan dan kerapu kertang. Ciri dari ikan ini adalah memiliki warna kulit yang cokelat kehitaman dengan garis melintang di tubuhnya. Di dalam mulut ikan ini dilengkapi dengan gigi-gigi yang berderet dua baris, dengan ujung gigi yang lancip dan kuat.

7. Kerapu Sunuk

Sumber: sportdiver.com

Kerapu sunuk juga biasa disebut dengan ikan kerapu merah. Ikan ini memiliki warna kulit merah dengan bintik-bintik biru berwarna gelap pada pinggirannya.

Jenis ikan kerapu ini dikenal cukup langka, karena sulit ditemukan dan susah untuk dibudidayakan. Akibatnya, ikan ini memiliki harga yang sangat mahal.

8. Kerapu Lumpur

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu lumpur hidup di terumbu karang dan muara laut yang berlumpur. Ikan kerapu ini sangat mudah ditemukan, karena termasuk mudah dibudidayakan.

[Baca Juga: Ikan Betutu, si Malas yang Bisa Buat Awet Muda]

9. Kerapu Muara

Sumber: sportdiver.com

Nama lain ikan kerapu muara adalah ikan kerapu balong. Habitat ikan kerapu muara adalah dekat dengan pantai seperti hutan bakau, terumbung karang dan laut dangkal.

10. Kerapu Kustang

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu kustang merupakan ikan kerapu hasil persilangan antara ikan kerapu kertang dan ikan kerapu tikus. Harga ikan kerapu kustang tergolong mahal, karena memiliki rasa daging yang enak sehingga banyak orang menyukainya.

11. Kerapu Cantik

Sumber: sportdiver.com

Ikan kerapu cantik juga merupakan hasil persilangan, antara ikan kerapu macan dan ikan kerapu batik. Ikan ini juga tergolong ikan kerapu yang mudah dibudidayakan serta sangat menguntungkan. Menurut pembudidaya, ikan juga termasuk ikan kerapu yang paling cepat masa panennya, harganya juga cukup terjangkau bagi masyarakat sehingga permintaannya cukup banyak.

Baca Juga:

#jenisikankerapu #hargaikankerapu #jualikankerapu

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon