top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Ikan Limbat, Saudara Lele yang Miliki Banyak Manfaat


Semua orang pasti kenal dengan ikan lele, kalau ikan limbat? Masih sangat jarang didengar. Ikan limbat merupakan ikan sejenis lele, dengan bentuk tubuh yang sama. Perbedaannya dengan lele hanya terletak pada warna dan corak tubuhnya, karena ikan limbat memiliki warna kecokelatan serta memiliki corak tutul kuning.

Sumber: seputarikan.com

Sama seperti lele, ikan limbat juga memiliki rasa yang nikmat. Kandungan gizinya juga tak kalah dengan ikan lele, sehingga cukup memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat mengonsumsi ikan limbat bagi kesehatan

1. Mampu Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyakit pengapuran pada pembuluh darah. Penyakit ini ditandai dengan tersumbatnya saluran pembuluh darah karena adanya gumpalan lemak jahat. Pembuluh darah yang tersumbat dalam waktu lama akan mengakibatkan penyakit serius lainnya seperti stroke dan serangan jantung.

Dengan mengonsumsi ikan limbat setidaknya 3 kali dalam seminggu, anda sudah terhitung menjauhkan diri dari risiko tersumbatnya pembuluh darah.

2. Meningkatkan Massa Otot

Pembentukan massa otot yang baik didapat dengan latihan beban serta dibarengi dengan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang berperan dalam pembentukan otot adalah protein. Nah, dengan mengonsumsi ikan limbat secara rutin, maka kebutuhan protein akan terimbangi.

3. Mencegah Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah penyakit yang dapat menyebabkan gagalnya imun tubuh melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus, yang mengakibatkan jaringan tubuh menyerang antibodi itu sendiri.

4. Mencerahkan dan Melembapkan Kulit

Ikan limbat mengandung vitamin C dan D yang cukup tinggi. Kedua vitamin tersebut memiliki peran dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit.

5. Menyehatkan Mata

Selain vitamin C dan D, ikan limbat juga mengandung vitamin A. Kandungan vitamin A ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata serta mampu mencegah terjadinya kerabunan.

6. Menghalau Penyakit Diabetes

Para penderita diabetes biasanya dilarang untuk makan nasi dan diharuskan mencari sumber kalori dari makanan lain. Dengan kandungan kalorinya, ikan limbat mampu mencukupi kebutuhan kalori harian para penderita diabetes.

Baca Juga:

11.559 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Perbedaan Fitoplankton dan Zooplankton pada Tambak Udang

Dalam budidaya udang kehadiran plankton pada tambak bukanlah sesuatu yang asing. Plankton termasuk ke dalam komponen kualitas air yang harus dijaga keberadaannya. Pada tambak, ada banyak jenis plankto

bottom of page