• Redaktur: Audri Rianto

Fakta di Balik Isu Ikan Lele Dapat Sebabkan Kanker


Ikan lele sangat populer di masyarakat, karenanya ikan lele dapat dengan mudah ditemukan. Banyak orang suka dengan ikan lele karena harganya yang tidak terlalu mahal dan juga rasa dagingnya yang enak.

Namun, ada isu yang menerpa ikan lele dan sempat membuat penggemar ikan lele menjadi resah. Isu tersebut mengatakan bahwa ikan lele dapat menyebabkan kanker. Benarkah demikian? Dilansir dari hellosehat.com, begini penjelasan ilmiahnya

Sumber: thoughtco.com

Tidak Semua Ikan Lele Menyebabkan Kanker

Lele adalah salah satu ikan air tawar yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti omega 3 dan vitamin B kompleks. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ikan lele tidak mengandung zat racun yang bersifat pemicu kanker (karsinogenik) bagi tubuh.

Tapi, ikan lele tertentu memang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker , karena ikan lele tersebut sudah tercemar oleh zat yang bersifat karsinogenik, bukan karena kandungan alami dari ikan lele itu sendiri.

Ikan Lele dari Perairan Tercemar

Biasanya, ikan lele yang sudah tercemar oleh zat karsinogenik adalah ikan lele yang berasal dari perairan tercemar berbagai polutan. Hal tersebut juga dibuktikan oleh tim peneliti dari University of Pittsburgh School of the Health Sciences di Amerika Serikat.

Mereka mengambil ekstrak ikan lele yang hidup di perairan tercemar oleh limbah pabrik dan limbah manusia, kemudian ekstrak tersebut disuntikkan pada sel-sel kanker payudara di laboratorium. Hasilnya, sel-sel kanker yang sudah diberi ekstrak ikan lele tadi tumbuh semakin banyak.

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata ekstrak ikan lele tersebut mengandung zat kimia yang bersifat mirip seperti hormon estrogen pada tubuh manusia. Kadar estrogen yang terlalu tinggi pada tubuh memang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.

Mirip seperti kasus keracunan merkuri akibat dari mengonsumsi ikan laut. Sebenarnya, ikan tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan, namun karena tinggal di perairan dengan tingkat pencemaran merkuri yang tinggi akhirnya ikan tersebut ikut tercemar dan berbahaya jika dikonsumsi.

Masihkah Boleh Mengonsumsi Ikan Lele?

Mengingat hanya ikan lele yang hidup di perairan tercemar saja yang bisa menyebabkan kanker. Maka, jawabannya adalah boleh.

Tips Aman Mengonsumsi Ikan Lele

Meski termasuk aman dikonsumsi, namun terkadang kita sulit mengetahui dari perairan mana ikan lele itu berasal. Karena itu, demi mengurangi risikonya sebaiknya anda membatasi konsumsi ikan lele. Umumnya, ikan lele aman dikonsumsi sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selain itu, anda juga bisa membuang kulitnya sebelum akhirnya mengolahnya menjadi masakan. Hal ini karena kulit ikan biasanya merupakan bagian yang paling gampang tercemar oleh zat-zat polutan yang ada di air.

Baca Juga:

1. Tips Pemasaran Bisnis Ikan Lele yang Efektif

2. Mengenal Beberapa Jenis Ikan Gurame

3. Ikan Betutu, Ikan Malas yang Bisa Buat Awet Muda

4. Budidaya Ikan Lele dengan Modal 2 Jutaan

#ikanlele #penyebabkanker #ikanlelesebabkankanker

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon