• Redaktur: Audri Rianto

Begini Ciri Bibit Kelapa Sawit yang Berkualitas


Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yang paling banyak ditanam di Indonesia saat ini. Hampir seluruh pulau yang ada di Indonesia saat ini sudah mulai didominasi oleh kelapa sawit.

Tanaman kelapa sawit berkualitas didapat dari bibit yang juga berkualitas. Maka, pengetahuan tentang bibit kelapa sawit berkualitas harus dikuasai sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke dalam usaha perkebunan sawit. ​Berikut ini ciri-ciri bibit kelapa sawit berkualitas

Sumber: bibitsawit.com

Bentuk Tunas

Pertama kali yang harus dilihat dalam memilih bibit sawit unggul adalah bentuk tunasnya. Bibit sawit berkualitas memiliki ciri berupa mata tunas yang normal serta berwarna putih bersih.

Jika anda melihat bibit dengan bentuk tunas yang cacat serta berwarna cokelat agak kehitaman, maka anda patut mencurigainya bahwa bibit sawit tersebut merupakan bibit dengan kualitas buruk. Untuk itu anda harus memerhatikan lebih detail sebelum memutuskan untuk membeli bibit sawit.

Bentuk Anak Daun

Ciri selanjutnya terletak pada anakan daun. Bibit kelapa sawit kualitas unggul memiliki bentuk anak daun yang melebar, tak kusut dan tidak menggulung. Jika anda melihat ada penjual bibit dengan keadaan anak daun yang kusut, sempit dan menggulung bisa dipastikan bibit kelapa sawit tersebut memiliki kualitas yang tidak sempurna.

Tempurung Bibit Sawit

Bibit sawit kualitas unggul memiliki tempurung yang berwarna hitam gelap, dan tidak ada retakan atau kerusakan lainnya. Karena jika tempurung bibit kelapa sawit dalam keadaan retak, maka kemungkinan besar isi di dalamnya juga rusak dan akan memengaruhi pertumbuhannya kelak setelah ditanam.

Tempurung bibit unggul juga tidak ditumbuhi oleh serabut-serabut dan tidak berjamur. Tumbuhnya jamur biasanya pada media yang lembab. Keadaan bibit yang seperti itu akan menyulitkan pertumbuhan tanaman, dan bahkan bisa tidak tumbuh sama sekali.

Akar Bibit

Akar bibit sawit yang tidak terlalu panjang adalah tanda dari kualitas bibit sawit yang baik. Pilih bibit sawit dengan panjang akar yang tidak lebih dari 2 sampai 3 sentimeter. Jika sudah melewati ukuran itu, takutnya bibit tidak dapat tumbuh dengan optimal karena terlalu tua. Akar bibit sawit yang baik juga memiliki tudung, tidak terbuka secara langsung.

Batang Bawah Bibit

Bibit kelapa sawit berkualitas memiliki bentuk batang bawah yang gemuk dan pendek. Saat masa pertumbuhannya, batang dengan kondisi gemuk dan pendek akan jauh lebih kuat dibandingkan dengan bibit sawit yang memiliki batang bawah kurus dan tinggi.

Warna Radikula, Batang dan Daun

Warna radikula (bakal akar), batang dan daun bibit sawit berbeda dengan yang sudah menjadi tanaman. Jika pada tanaman radikula dan batang berwarna cokelat serta daun berwarna hijau, maka hal itu tidak berlaku pada bibit sawit.

Bibit sawit berkualitas memiliki warna radikula yang kekuning-kuningan mendekati hijau, calon batang dan calon daun yang bersih keputih-putihan.

Ukuran calon batang

Calon batang atau bongkot bibit yang baik adalah yang berukuran pendek. Semakin pendek calon batang, maka semakin baik bibit sawit pada masa pertumbuhan dan semakin kuat saat sudah ditanam.

Bentuk bibit

Bibit sawit dengan kualitas yang baik memiliki bentuk yang bulat atau lonjong serta tidak adanya cekungan-cekungan, dalam kata lain bentuk bibit dalam keadaan tidak cacat atau normal.

Baca Juga:

1. Keunggulan dan Kegunaan Minyak Sawit RDB (RDB Palm Olein)

2. 7 Negara Tujuan Utama Ekspor Minyak Kelapa Sawit dari Indonesia

3. Beberapa Jenis Tanaman Perkebunan Penghasil Bioenergi

4. Memanfaatkan Gas Metana Limbah Cair Kelapa Sawit untuk Sumber Listrik

#bibitkelapasawit #bibitsawit #bibitsawitberkualitas #bibitsawitunggul

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon