top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Penyebab Meningkatnya Amonia Pada Air Kolam dan Cara Mengatasinya


Dari beberapa parameter yang harus diamati pada tambak, amonia termasuk ke dalam parameter penting untuk diamati setelah oksigen. Amonia akan menjadi racun apabila keberadaannya dibiarkan menumpuk di dalam kolam.

Amonia dalam kolam biasanya tersedia dalam bentuk NH3 dan NH4+. Bentuk NH3 merupakan bentuk amonia yang beracun, sementara NH4+ termasuk ion yang tidak beracun.

Sumber: permaculturenews.org

Ekskresi ikan memiliki andil dalam memproduksi amonia pada kolam. Keberadaan amonia juga ditentukan dari pH dan temperatur air kolam. Jika kedua parameter tersebut dalam keadaan tinggi, maka kadar amonia dalam air juga akan meningkat. Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi pengusaha budi daya ikan.

Merusak Ikan Dari Dalam

Amonia akan mengakibatkan luka bakar kimia pada jaringan ikan, termasuk luka pada insangnya. Saat amonia menyerang insang, ikan juga akan menyerapnya ke dalam tubuh. Hal inilah yang akan menimbulkan kerusakan dari dalam tubuh ikan.

Kemudian ikan akan menimbulkan beberapa gejala keracunan. Ikan yang terpapar oleh amonia biasanya akan melakukan gerakan-gerakan menghentak tak beraturan, namun dapat juga menunjukkan perilaku lesu dan berdiam diri di bawah air.

Perilaku lain yang ditunjukkan oleh ikan yang keracunan amonia adalah mulut ikan akan terlihat megap-megap di permukaan air sambil mengepakkan insangnya. Perilaku ini adalah salah satu upaya ikan untuk menunjukkan adanya gangguan pada insangnya.

Cara Mengatasi Kadar Amonia Air Kolam

Mengurangi Kuantitas Pakan Ikan

Karena salah satu penyebab dari timbulnya amonia adalah ekskresi oleh ikan, maka pemberian pakan harus dibatasi. Maksud dari dibatasi adalah jangan sampai memberikan pakan terlalu banyak. Sesuaikan jumlah ikan dengan perkiraan pakan yang akan diberikan.

Meningkatkan Aerasi pada Kolam

Amonia merupakan zat berupa gas yang terlarut dalam air. Untuk menyingkirkannya, perlu dilakukan peningkatan aerasi, sehingga oksigen terlarut akan menekan keberadaan amonia. Dengan begitu, anda memerlukan sebuah aerator yang handal. Salah satu aerator terbaik saat ini adalah Airjet Aerator (Surface Aerator) Olimpia.

Penambahan dan Pengurangan Air Kolam

Mengganti air kolam dengan air baru yang lebih bersih merupakan cara efektif untuk mengurangi dan menekan kadar amonia dalam air kolam. Bahkan, tidak hanya amonia saja yang berkurang, zat beracun lainnya juga akan turut berkurang.

Namun, tidak dianjurkan untuk melakukan penggantian air secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar, karena hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya kualitas air yang menyebabkan stress pada ikan sehingga nafsu makan ikan akan terus menurun dan dapat membuat ikan rentan terhadap penyakit.

Baca Juga:

30.549 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page