• Redaktur: Igna

Pakan Dan Vitamin Untuk Ikan dan Udang


Dalam melakukan budidaya tambak udang, salah satu hal terpenting yang harus dipenuhi dalam budidaya udang yaitu pemilihan pakan. Pemilihan pakan yang cocok akan mempengaruhi berhasil tidaknya budidaya udang yang dilakukan. Sayangnya, sampai saat ini tidak banyak informasi yang beredar mengenai jenis produk pakan udang terbaik untuk budidaya.

Maka dari itu untuk memudahkan anda yang sedang berencana memulai budidaya dalam memilih pakan yang cocok, berikut ini kami dari perusahaan intan sari windu group memberikan rangkuman beberapa produk pakan udang terbaik di Indonesia. Dan semua poduk yang akan kami ulas berdasarkan survei yang sudah kami lakukan di seluruh Indonesia, kami melihat baik dari segi kualitas pakan, peningkatan ADG, kestabilan pakan di air budidaya, dan keramahan terhadap lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa produk pakan dan vitamin untuk tambak yang disediakan oleh indah sari windu group perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis, diantaranya:

Artemia Cyst - Pakan Pembesaran & Hatchery Udang

Adalah suplemen nutrisi yang sangat diperlukan oleh ikan maupun udang, Artemia cyst sendiri merupakan jenis udang primitif, plankton yang sangat bermanfaat untuk makanan terbaik bagi larva ikan dan udang dikarenakan seluruh suplemen nutrisi yang diperlukan larva tersebut ada didalam artemia cyst.

Selain kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Artemia cyst sangat cocok mulut larva ikan maupun udang yang sedang dalam pertumbuhan hatchery dan juga sangat tepat untuk proses pencernaan yang masih sangat sederhana dari larva-larva tersebut.

Dan juga artemia cyst memiliki fungsi yang tepat sebagai pembunuh bakteri serta algae ketika dalam keadaan hidup, jadi selain bermanfaat untuk makanan larva ikan dan udang artemia cyst mempunyai peranan penting sebagai pembunuh microorganisme yang sangat merugikan.

Ada 3 jenis produk artemia yang bisa anda dapatkan di indah sari windu group:

  • Artemia Arcyst

  • Artemia INVE

  • Artemia Mackay

P. Monodon Pakan Hatchery Udang

Semua mahluk hidup tidak terkecuali ikan maupun udang juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk perkembangannya, untuk itu sangat dibutuhkan formulasi pakan yang seimbang.

Salah satu produk pakan yang disediakan oleh intan sari windu group dengan bentuk campuran atau mixfeed untuk tahap perkembangan adalah P.Monodon. Yang merupakan pakan buatan yang bermanfaat untuk mempercepat, memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan serta kualitas hidup hewan tambak khususnya di hatchery udang. Tak hanya itu, P. Monodon juga berisi vitamin, nutrisi, protein, lemak, vitamin dan antibiotik yang diperlukan untuk pembesaran udang.

Vitamin C - Ascorbic Acid

Vitamin adalah unsur penting yang terdapat dalam sumber makanan. Fungsinya spesifik untuk perkembangan sistem tubuh dan menjaga kesehatan optimal. Dari segala jenis vitamin, vitamin C bisa dibilang cukup vital fungsinya, termasuk untuk hewan seperti ikan dan udang. Ikan dan udang membutuhkan vitamin C (ascorbic acid) agar kesehatan terjaga. Pada penggunaannya, vitamin C harus dicampurkan pada pakan karena ikan tidak dapat mensintesis / menghasilkan vitamin C secara alami.

Vitamin C terdiri atas dua bentuk. Pertama, bentuk asam yang telah mengalami reduksi (ascorbic acid) dan bentuk yang telah mengalami oksidasi (dehydroascorbic acid). Keduanya adalah sama-sama senyawa aktif, namun yang lebih mendominasi peranannya adalah bentuk ascorbic acid.

Secara fisik, bentuk ascorbic acid adalah berwarna putih, mengkristal, tak memiliki bau, larut dalam air dan tidak larut dalam lemak. Bentuk ascorbic acid ini stabil dalam asam dan sebaliknya sangat tidak stabil dalam larutan alkali yang bisa membuat senyawa ini kehilangan manfaatnya. Salah satu turunan ascorbic acid ini adalah L-ascorbate-2-sulfate (vitamin C2S) yang tahan panas.

Spirulina

Makanan mempengaruhi kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk ikan. Oleh karena itu merupakan pilihan yang logis untuk memberikan makanan terbaik demi peliharaan Anda. Di antara beragam pilihan makanan yang tersedia, ada satu yang dapat diandalkan. Spirulina (Spirulina Arthrospira) merupakan jenis ganggang biru hijau yang biasa terdapat di perairan hangat dan danau vulkanik.

Spirulina kaya protein dan vitamin seperti A1, B1, B2, B6, B12, C dan E. Bahkan sebenarnya Spirulina adalah sumber alami untuk mendapatkan vitamin B12. Spirulina juga mengandung beta karoten. Memiliki kandungan 62 persen asam amino. Spirulina pun mencakup seluruh asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk melengkapi pertumbuhan. Tidak seperti ganggang lainnya, Spirulina memiliki dinding sel yang lembut dan mudah dicerna. Di dalam Spirulina terdapat zat biru cerah yang disebut Phycocyanin yang merupakan jenis antioksidan intra-seluler.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Spirulina berasal dari perairan yang diendapkan bersama mineral dari tanah vulkanik, maka Spirulina sangat kaya mineral. Di sisi lain, banyak pakan atau suplemen ikan yang tak memiliki komposisi kalsium alami yang lengkap. Sehingga pada pakan tersebut perlu ditambahkan mineral. Padahal mineral dalam pakan tersebut yang justru menghambat kemampuan tubuh untuk mengabsorbsi mineral lain disinilah Spirulina berperan.

Baca Juga Artikel Terkait Mengenai Peralatan Dan Cara Budidaya Tambak:

#ArtemiaArcyst #ArtemiaINVE #ArtemiaMackay #PMonodon #AscorbicAcid #Spirulina #produkpakan #pakanikan #pakanudang

871 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon