top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Penamaan Ilmiah Ikan Hias Masih Belum Beraturan


Pada sesi dialog bertema 'DNA Barcoding of Exotic Ornamental Fish' yang digelar oleh Balitbang Ikan Hias Kementerian Kelautan dan Perikanan, terungkap beberapa temuan menarik.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Kepala Balitbang Ikan Hias, Dr. Idil Ardi ini terungkap, bahwa berdasar data dari FAO (Food and Agriculture Organization) didapati hampir 60 persen perdagangan ikan hias berasal dari negara-negara di Asia.

Komoditas ikan hias memiliki segmen khusus. Walau pangsa pasar ikan hias lebih kecil dari ikan konsumsi, namun bisnis ikan hias memiliki prospek yang sangat tinggi.

ikan hias

black ghost knife fish, salah satu ikan hias introduksi di Indonesia

Data terakhir menyebutkan sekitar 40 % ikan hias dunia berasal dari Indonesia. Saat ini Indonesia menempati ranking 5 di dunia sebagai negara pengekspor ikan hias, dengan angka 5,3% dari keseluruhan ekspor ikan hias dunia.

Fakta menarik, sekarang Singapura merupakan eksportir ikan hias terbesar dunia, padahal Singapura tidak memiliki sumberdaya ikan hias sebesar Indonesia.

Industri ikan hias menyebabkan jutaan spesies akuatik seperti udang hias, siput, karang, kerang, tanaman air atau kepiting, melanglang buana ke seantero dunia. Hal ini menjadikan banyak spesies ikan hias masuk golongan introduksi, yaitu jenis hewan atau tumbuhan yang masuk ke dalam satu habitat baru.

Produksi ikan hias Indonesia berasal dari tangkapan dan budidaya. Sebagian besar ikan hias yang dibudidayakan adalah ikan introduksi, mencapai 85 %.

Beberapa spesies ikan hias introduksi kehadirannya berdampak negatif pada keanekaragaman hayati di lingkungan baru.

Hobiis dan pegiat ikan hias sering melakukan eksplorasi untuk menemukan spesies baru, sehingga penamaan ilmiah lebih lambat daripada nama dagang. Nama ilmiah banyak ikan hias menjadi tidak beraturan, contohnya Ikan Sumatera memiliki 4 nama yang berbeda genus.

Di sisi lain,informasi mengenai kuantitas spesies ikan hias masih terbatas. Ikan hias memiliki kuantitas sedikit tetapi dengan variasi sangat banyak.

Saat ini standard nama ikan hias air tawar dan laut diatur oleh OFI (Ornamental Fish International). Masih banyak spesies ikan hias yang belum ada nama ilmiahnya.

INFORMASI TERKAIT IKAN HIAS

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

159 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page