top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Waktu yang Pas dalam Pemberian Pakan Lele


Diperlukan metode pemberian pakan lele yang tepat agar produksi ikan tetap optimal dan efisiensi pakan terkontrol. Memperhatikan waktu yang pas dalam pemberian pakan lele juga harus dilakukan oleh pembudidaya, agar bobot lele optimal dan terhindar dari penyakit.

Ikan lele harus diberi makan setiap hari. Pemberian pakan jangan melebihi dari apa yang dibutuhkan ikan di kolam, supaya kualitas air tidak rusak. Frekuensi pemberian pakan harian sebaiknya 4-6 kali sehari, dengan interval waktu minimal 2-4 jam.

pakan lele

Apabila ikan lele diberikan pakan 4 kali sehari, maka waktu pemberiannya berturut-turut adalah pukul 09.00-13.00-17.00-21.00.

Sedangkan waktu pemberian pakan lele enam kali sehari adalah pada pukul 09.00-12.00-15.00-17.00-19.00-21.00.

Memberi makan ikan lele pada pagi hari dilakukan ketika kondisi suhu mulai hangat. Ikan lele yang diberikan makan terlalu pagi dapat berakibat terkena radang insang. Selain itu, pada kondisi suhu air agak hangat sekitar 21 derajat Celsius, konsumsi ikan lele terhadap pakan menjadi lebih baik.

Dalam kondisi cuaca ekstrim semisal hujan deras, pemberian pakan perlu sedikit dikurangi atau dihentikan sementara. Karena ketika suhu air turun ekstrim, lele biasanya berhenti makan.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah, hindari mengobok-obok kolam setelah ikan lele menghabiskan pakan atau saat lele makan. Karena mengobok-obok kolam dapat membuat lele stres sehingga memuntahkan makanan yang menjadi sumber timbulnya amoniak dalam kolam.

Pakan ikan lele harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Pakan lele harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein berfungsi sebagai sumber energi utama. Jenis ikan karnivora semacam lele butuh protein tinggi, yaitu lebih dari 35 % dari berat pakan.

Standar pakan lele yang baik harus memenuhi Feed Conversion Ratio/FCR >1 (rasio pemberian pakan dengan penambahan bobot tubuh kurang dari satu). Yaitu setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg akan menambah bobot tubuh lele sebanyak 1 kg. Semakin kecil rasio FCR, semakin baik pakannya.

BERBAGAI INFORMASI BUDIDAYA IKAN LELE

jual Elbayou

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

48.105 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page