top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Eceng Gondok Bisa Diolah Sebagai Pakan Ikan


Eceng gondok selama ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Ternyata eceng gondok dapat diolah sebagai sumber bahan baku alternatif pakan ikan.

Pemanfaatan eceng gondok sebagai pakan ikan dilakukan dengan cara mengolah eceng gondok menjadi tepung. Kadar protein tepung eceng gondok 12,51 %, hampir sama dengan pakan ikan halus.

eceng gondok pakan ikan

dokumentasi: antaranews.com

Harga tepung eceng gondok lebih ekonomis sehingga memungkinkan pembudidaya meraup laba lebih besar. Keunggulan lain pakan ikan yang terbuat dari eceng gondok adalah mampu merangsang nafsu makan ikan sehingga mempercepat pertumbuhan.

Pakan ikan dari bahan dasar eceng gondok ini baik digunakan dalam budidaya ikan lele, nila dan patin. Memanfaatkan tanaman eceng gondok yang diolah sebagai bahan baku pakan ikan alternatif menjadi solusi bagi permasalahan berlimpahnya keberadaan eceng gondok di beberapa waduk atau perairan umum.

Sumber bahan baku nabati lainnya yang bagus buat campuran pakan ikan adalah Choline Chloride yang terbuat dari tongkol jagung. Pemakaian Choline Chloride untuk menjamin tingkat ketersediaan nutrisi dalam pakan.

BACA JUGA INFO TERKAIT

jual Choline Chloride

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

743 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page