top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Tips Mencerahkan Kualitas Warna Ikan Koi


Ikan Koi memiliki warna indah dengan corak beragam yang bagi sebagian kalangan dianggap membawa keberuntungan, dan kedamaian. Tak heran, hal tersebut membuat harga Ikan Koi lumayan mahal dan banyak dicari orang.

Pola warna yang dimiliki ikan Koi diwariskan secara genetik dari induknya. Pola warna ikan Koi berubah sesuai umur. Kualitas warna ikan Koi terkait dengan berapa banyak jumlah pigmen tertentu dalam kulit, sisik dan sirip. Semakin banyak pigmen warna tersimpan di dalam jaringan tubuh ikan Koi, maka makin tampak indah warna ikan tersebut.

warna Ikan Koi

ikan koi/ foto: daily49er.com

Dalam jaringan tubuh ikan Koi terdapat pigmen erythrosome, ptridin, purin, eumelanin dan carotenoid yang tersimpan dalam sel chromastosphor dan membentuk berbagai pola warna ikan. Berdasarkan hasil penelitian, teridentifikasi bahwa warna kuning dan merah pada ikan Koi berasal dari pigmen carotenoid.

Carotenoid banyak ditemukan di alam, ada sekitar 800 jenis, tapi tak semuanya dapat digunakan untuk mencerahkan warna ikan Koi. Jenis carotenoid yang umum dipakai dalam budidaya perikanan adalah astaxanthin, cantaxanthin, tunaxanthin dan lutein.

Pakan alami berupa zooplankton dan fitoplankton mengandung banyak carotenoid. Spirulina dan Haematocoocus Pluvialis yang kaya akan Carotenoid umum digunakan sebagai suplemen pakan buatan untuk menumbuhkan zooplankton. Penambahan 15 persen Spirulina, 1,5 % Haematocoocus Pluvialis bakal menambah kecerahan warna ikan Koi.

Penambahan Carotenoid pada pakan ikan Koi wajib dilakukan walau akan meningkatkan biaya pakan. Apabila di dalam pakan tidak ditambahkan Carotenoid, maka kebutuhan akan pigmen tersebut tidak akan tercukupi buat ikan Koi yang menyebabkan warna ikan menjadi pucat.

Baca Juga Artikel Terkait

jual Spirulina

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

993 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page