top of page
Redaktur: Yos Mo

Secchi Disk untuk Mengukur Kekeruhan Air Tambak

Diperbarui: 4 Mei 2023


Secchi Disk merupakan alat analisis untuk mengukur tingkat kekeruhan air. Dalam budidaya perikanan, air yang keruh mengakibatkan daya ikat oksigen menjadi rendah, batas pandang ikan menjadi berkurang, selera makan ikan bisa terganggu karena efisiensi pakan rendah.

Dampak lain akibat air yang keruh adalah ikan jadi sulit bernapas dikarenakan insang tertutup partikel-partikel lumpur.​ Karena itu pembudidaya perlu untuk mengukur tingkat kekeruhan air.

Secchi Disk

Penggunaan Secchi Disk/ foto: flickr.com

Secchi Disk adalah lempengan sederhana yang berbentuk cakram, pada permukaannya terdapat warna hitam dan putih, berbentuk berupa arsiran dengan empat bagian.

Penggunaan Secchi Disk sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Cara menggunakan Secchi Disk cukup mudah. Lempengan Secchi Disk diikat dengan tali lalu dimasukkan ke dalam air. saat pola yang terdapat pada Secchi Disk tidak terlihat lagi dalam air di kedalaman tertentu, maka didapat hasil analisis tingkat ukuran kecerahan air.

Tingkat kecerahan optimal pada pembudidayaan udang vannamei adalah 30 hingga 40 cm. Apabila kecerahan air kurang dari 30 cm, maka perlu dilakukan pergantian air di tambak hingga mencapai standar optimum.

Sedangkan dalam kondisi tingkat kecerahan dalam air tambak udang lebih dari 40 cm, maka perlu dilakukan pemupukan ulang agar plankton di tambak dapat kembali tumbuh sesuai standar.

Setiap pembudidaya pasti ingin udang/ikan peliharaannya tumbuh baik dan memiliki kelangsungan hidup yang maksimal. Untuk mencapai hal itu, kualitas air tambak perlu dikontrol setiap waktu, termasuk juga mengontrol tingkat kekeruhan air dengan menggunakan Secchi Disk.

Baca Juga Informasi Terkait Air Tambak

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

14.561 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page