top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Langkah-Langkah Penerapan Biosekuriti Akuakultur


Akuakultur merupakan sektor produksi yang paling berkembang pesat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, bisnis akuakultur memiliki resiko kerugian ekonomi yang besar, karena industri sektor ini sangat rentan diserang parasit, bakteri, jamur maupun virus.

Untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, maka perlu ditingkatkan penerapan biosekuriti di lokasi akuakultur. Biosekuriti adalah serangkaian kegiatan kumulatif untuk mencegah timbulnya penyakit dan mencegah penularan penyakit dari suatu lokasi budidaya.

Biosekuriti Akuakultur

foto dokumentasi lampung.antaranews.com

Langkah-langkah penerapan biosekurit yang dapat dilakukan, antara lain :

  • Tidak menggunakan benur yang positif terjangkit virus penyakit. Gunakan benur yang telah tersertifikasi oleh laboratorium terakreditasi.

  • Jangan menaruh sampel ikan atau udang ke dalam kolam. Karena ikan/udang sampel tersebut telah stress selama sampling yang dapat jadi pemicu berkembangnya penyakit.

  • Gunakan satu set alat untuk satu kolam saja. Hal ini untuk menghindari penyebara patogen dari satu kolam ke kolam lain. Peralatan dicuci bersih dengan disifenktan.

  • Memakai produk disinfektan yang ramah lingkungan untuk mengatasi patogen dalam air dan permukaan.

  • Memberikan pakan berkualitas tinggi untuk ketahanan daya hidup dan menjaga kesehatan ikan/udang.

  • Disinfeksi sepatu dan tangan sebelum dan sesudah memasuki area akuakultur.

  • Buat pagar/jaring penghalau kepiting atau burung, untuk mencegah kontaminasi dari luar.

  • Memiliki program pemantauan penyakit secara rutin.

Apabila biosekuriti diterapkan secara tepat dalam lingkungan akuakultur, maka bisa diminimalkan resiko penyakit semacam White Spot, Early Mortality Syndrome ataupun White Feces Disease.

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT BUDIDAYA UDANG

jual Artemia

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

3.535 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page