top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Cara Sederhana Tentukan Kualitas Benur Udang


Benur udang yang berkualitas unggul merupakan kunci sukses dalam meminimalkan risiko kegagalan panen. Benur bermutu tinggi dapat dihasilkan asalkan memenuhi syarat berasal dari induk udang yang berkualitas, berasal dari unit pembenihan yang telah lulus sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) atau UPT (Unit Pelaksana Teknis), dan manajemen produksi sesuai CPIB.

Mengamati kualitas benur udang dapat dilakukan secara kasat mata tanpa menggunakan alat bantuan. Berikut cara sederhana menentukan kualitas benur udang secara visual.

benur udang

foto benur udang/ indiamart.com

  • Benur udang berkualitas bagus memiliki ukuran yang seragam. Ukuran benur yang tidak seragam mengindikasikan pertumbuhan benur abnormal. Ukuran benur vannamei berkualitas minimal PL-10, sedangkan benur udang windu berkualitas PL-12. Pada ukuran itu organ usus dan pencernaan udang sudah sempurna.

  • Bentuk tubuh yang lurus ketika berenang merupakan penanda benur udang berkualitas. Sedangkan benur yang tidak sehat, bentuk badannya bengkok. Benur bermutu bagus memiliki mata mengkilap dan tidak ada bercak di kulit.

  • Antena benur udang berkualitas lengkap utuh, tidak patah, bisa membuka dan menutup. Jika antena benur selalu terbuka, itu menandakan benur tidak sehat.

  • Usus yang selalu terisi penuh menjadi penanda benur yang berkualitas. Benur dalam kondisi sakit atau stres memiliki usus yang kosong.

  • Ekor udang yang membuka dan tidak cacat menandakan benur berkualitas. Jika ekor belum membuka, berarti benur udang belum siap ditebar.

  • Benur udang yang sehat selalu aktif berenang dan peka terhadap rangsangan dari luar. Benur berkualitas selalu berenang menentang arus dan menempel di dasar tambak jika air diputar.

BACA JUGA INFO LAIN TERKAIT BUDIDAYA UDANG

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

2.173 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page