• Redaktur: Yos Mo

Pentingnya Pengelolaan Limbah Tambak


Pengelolaan limbah tambak penting untuk diperhatikan oleh pelaku budidaya dalam upaya mencegah penyakit yang menyerang udang dan ikan.

Membuang sembarangan limbah air tambak usai panen membuat sumber air di lingkungan tambak tercemar. Total sedimen di tambak udang vaname mencapai 20 ton bobot kering. Sedimen dari air buangan limbah tersebut menghasilkan nitrogen 325 kg, 253 kg fosfor dan 2.042 kg sedimen karbon organik.

tambak udang vaname Dusun Motong Sumbawa/ foto: kompas.com

Tercemarnya air tambak jadi faktor utama menjamurnya penyakit kotoran putih atau White Feaces Disease (WFD) yang marak menyerang udang vaname.

Pengelolaan limbah tambak yang ideal yakni pembudidaya harus memiliki lokasi pembuangan yang jaraknya jauh dari kolam dan sumber air. Hasil limbah tambak udang tidak boleh dibuang di sekitar kolam.

Untuk mengurangi dampak limbah tambak, saat ini telah dikembangkan penerapan teknologi super intensif IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah). Upaya yang dilakukan dalam penerapan IPAL dengan melakukan pembangunan tandon air limbah yang terdiri dari kolam pengendapan, oksigenasi, biokonversi dan penampungan.

Pengelolaan limbak tambak udang superintensif terdiri dari empat bagian. Membuat kolam pengendapan tempat membuang air limbah pertama kali agar kadar TSS (total suspended solid) yang sangat tinggi dan bau busuk dari H2S turun dan sisa endapan dapat dibuat pupuk.

Dari kolam pengendapan, sisa air limbah dimasukkan ke kolam oksigenasi untuk menaikkan oksigen dan menurunkan BOD (kebutuhan oksigen biologis).

Selanjutnya limbah masuk ke kolam biokonversi untuk mengubah nutrien yang dapat sebabkan eutrofikasi jadi bermanfaat buat organisma lain. Sisa terakhir limbah masuk ke kolam penampungan untuk selanjutnya dibuang ke laut.

Pengolahan limbah tambak hal yang patut diperhatikan, karena ini menjadi standar keberhasilan produksi dan juga salah satu bentuk budidaya yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

BACA JUGA INFO TERKAIT

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

#limbahpakan #tambakindonesia

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon