top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Mengolah Limbah Sawit Lebih Ramah Lingkungan


Resiko pencemaran air skala masif muncul dari proses industri kelapa sawit. Saat ini mengolah limbah cair sawit (palm oil mill effluent/ POME) lebih ramah lingkungan tidaklah sulit.

Seperti yang diketahui, jumlah limbah cair dari beberapa unit pengolahan kelapa sawit mencapai 120m3/hari dari kondensat rebusan, 450m3/hari dari stasiun klafikasi, dan 30m3/hari dari buangan hidrosiklon. Total sebanyak 600m3/hari volume limbah dari setiap pabrik kelapa sawit dengan kapasitas 30 ton tandan buah segar/hari.

Limbah POME yang memiliki kadar BOD dan COD yang sangat tinggi berpotensi besar merusak kelestarian alam.

kolam anaerobic limbah POME/ photo source: greenandsmart.net

Karena itu fasilitas pengolahan limbah cair sawit merupakan komponen penting dalam industri kelapa sawit untuk mencegah kerusakan ekosistem sekitar.

Cara bagus untuk mengolah limbah sawit menjadi ramah lingkungan yakni menggunakan sistem aerasi dengan bantuan Turbo Jet Aerator atau Turbo Pro.

Turbo Jet Aerator bekerja dengan cara menghisap udara yang ada di dalam air melalui pipa hisap. Kemudian mendorong udara ke air dengan kecepatan tinggi melalui putaran roda seperti mata pisau. Udara dan air kemudian tercampur menjadi gelembung-gelembung oksigen.Turbo Pro Jet Aerator dapat menjangkau ketersediaan oksigen lebih luas.

Suhu yang berasal dari limbah POME mencapai 75 hingga 90 derajat Celsius. Memakai Turbo Pro, POME dimasukkan ke dalam kolam awal untuk menurunkan temperatur.

Selanjutnya POME dimasukkan ke kolam pengasaman untuk proses menurunkan kadar pH serta pembentukan karbondioksida. Proses pengolahan limbah cair sawit kemudian dilanjutkan ke kolam anaerobic. Kadar BOD dan COD diturunkan hingga 90% selama 1-2 hari dengan menggunakan Turbo Pro berteknologi Italia.

Mengolah limbah sawit menggunakan TurboPro berdampak ramah lingkungan karena alat ini dapat mendistribusikan 22.500-87.000 liter udara per jam dengan tingkat aerasi tinggi mengurai limbah secara maksimal.

Pemakaian Turbo Pro menimbulkan arus air hingga jarak 35 meter dan kedalaman 6 meter yang membuat penyebaran oksigen lebih merata ke semua bagian. Sangat kuat daya tahan Turbo Pro terhadap efek korosif dari air limbah, karena alat ini berbahan stainless steel dan plastik berkualitas tinggi.

Pengusaha kelapa sawit kini dapat membuktikan kepada publik dunia bahwa industri ini juga ramah lingkungan. Mengolah limbah sawit lebih cepat serta berbiaya murah terbantu berkat menggunakan mesin Turbo Jet Aerator.

Baca Juga:

Mengolah Limbah Sawit

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

340 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page