top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Mengatasi Penyakit Bintik Putih pada Udang & Ikan


Penyakit bintik putih (White Spot Syndrom/WSS) yang menyerang udang dan ikan air tawar jadi momok meresahkan buat para petambak. White Spot Syndrom yang juga akrab dikenal sebagai penyakit inc membunuh udang dan ikan yang mulai berkurang nafsu makannya secara perlahan. Udang dan ikan akan mati dengan sendirinya karena mogok makan.

Penyakit Bintik Putih pada Udang

Ikan yang mulai terjangkit white spot akan tampak bergerak kesana kesini dengan cepat serta tidak beraturan. Hal ini dikarenakan ikan yang mengidap penyakit bintik putih merasakan rasa gatal yang amat sangat. Ikan menggerakkan sirip dengan cepat untuk mengurangi rasa gatal (kalau pada manusia disebut menggaruk).

Pada udang yang terjangkit white spot, proses awal organ yang terkena penyakit adalah lambung, insang, kutikula epidermis, dan jaringan ikat hepatopankreas.

Setelah udang terjangkit penyakit berat akan muncul bintik-bintik putih berdiameter 0,5-2 mm pada lapisan dalam eksoskeleton dan epidermis, menyebabkan udang tidak mau makan yang berdampak kematian massal di tambak.

Apabila penyakit bintik putih menyerang udang yang diternakkan, pilihan terbaik adalah segera memanen udang. Jika pemanenan tidak dilakukan secepatnya, semua udang di kolam dapat mati dalam hitungan hari.

Untuk mencegah timbulnya penyakit bintik putih, pembudidaya udang dan ikan harus menjaga kualitas air secara optimal dalam pemeliharaan. Pergantian air secara rutin akan membantu menghilangkan atau memutus fase parasit tersebut.

Cara lain untuk menghindari White Spot Syndrom adalah dengan memperhatikan kualitas pakan serta penambahan suplemen seperti multivitamin dan vitamin C pada udang dan ikan agar daya tahan tubuh lebih kuat terhadap serangan penyakit.

Jika ikan terdeteksi mulai terjangkit penyakit bintik putih, berikut tips pengobatan yang bisa dilakukan oleh pembudidaya dan petambak.

  • Saat mengetahui bintik putih pada bagian sirip terlihat pada ikan, segera ganti air pada kolam sebanyak 25% setiap hari dalam kurun waktu satu minggu berturut-turut. Dengan menguras air diharapkan bakteri serta virus penyebab penyakit dapat berkurang, juga menambahkan kadar oksigen air.

  • Untuk mengurangi stress pada ikan yang mengidap bintik putih, jaga kondisi suhu air dalam kolam. Disarankan untuk meningkatkan suhu air sebanyak 1 derajat Celsius setiap jam hingga mencapai 30 ºC. Biarkan akuarium berada pada suhu tersebut selama 10 hari atau lebih. Alat bernama hiter bisa anda gunakan untuk mengawasi suhu air.

  • Methylene Blue cukup efektif untuk mengobati penyakit white spot pada ikan. Methylene Blue akan membuat jaringan yang sakit atau terinfeksi berwarna biru. Dengan cara itu akan membunuh bakteri eksternal dan menutup jaringan yang terinfeksi secara sempurna. Pemberian Methylene Blue diakukan sekali sehari. Pengobatan dapat berhenti ketika sirip ikan kembali berwarna cerah, biasanya membutuhkan waktu seminggu.

Methylene Blue

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

2.565 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page