top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Legitnya Usaha Budidaya Ikan Patin di Kampar


Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak beberapa tahun lalu sudah menetapkan Kabupaten Kampar, Riau, sebagai sentra ikan patin di Indonesia. Budidaya ikan patin saat ini menjadi sumber utama penopang ekonomi di Kampar.

Budidaya Ikan Patin

Kampar memiliki area potensial perikanan darat kurang lebih terutama perikanan air tawar seluas lebih dari 6.500 Hektar. Dari total potensi lahan yang tersedia tersebut, lebih dari 700 hektar digunakan untuk budidaya kolam, dan sekitar 35,75 Ha dimanfaatkan dalam bentuk keramba jaring apung dan keramba. Volume produksi ikan Patin di Kampar mencapai kisaran 30 ton per hari.

Karena berlimpahnya bahan baku, saat ini beragam produk olahan dari ikan patin berkembang diproduksi di Kabupaten Kampar, salah satunya adalah salai ikan patin.

Satu orang pengusaha budidaya ikan patin di Kampar bisa mengolah ikan patin segar sampai 1 ton per hari. Dari ikan segar 1 ton tersebut biasanya akan menghasilkan salai ikan patin mencapai 300 kilogram.

Proses pengolahan ikan patin segar menjadi salai ikan patin menambah lapangan kerja buat masyarakat setempat. Ada tukang tangkap ikan ketika memanen ikan dari kolam-kolam warga. Ikan segar yang dipanen dari kolam dibersihkan oleh beberapa orang ibu-ibu. Juga ada orang bertugas mengasapkan ikan. Satu orang pengusaha pengasapan ikan patin biasanya mempekerjakan minimal tujuh orang karyawan.

Desa Koto Masjid dan Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar merupakan kawasan usaha salai ikan patin yang paling berkembang pesat. Di dua desa tersebut, harga jual salai ikan patin berkisar antara 50 ribu hingga 65 ribu rupiah.

Legitnya usaha budidaya ikan patin sangat terasa di Kampar. Pemasaran produk salai ikan patin dari Kampar tidak terbatas di kawasan provinsi Riau saja, namun telah merambah hingga Jakarta, bahkan sampai ke Malaysia.

Kincir Air Tambak

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 6065 5496 Up. Teguh Raharjo

369 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page